2 Bangunan di Dharmasraya Hangus Terbakar, Korban Dengar Suara Ledakan

Kebakaran rumah dan warung menghanguskan sejumlah harta benda di Dharmasraya. (Foto: Dok. Polres Dharmasraya)

PULAUPUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Dua bangunan hangus terbakar di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar). Polisi menyebut kerugian mencapai Rp600 juta.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah mengatakan, peristiwa itu dilaporkan terjadi di Jorong Palo Tabek, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung pada pukul 23.00 WIB.

“Objek bangunan yang terbakar itu adalah rumah permanen dan warung yang terbuat dari kayu,” kata Nur kepada Radarsumbar.com via keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023) pagi.

AKBP Nurhadiansyah mengatakan, pemilik dari bangunan yang terbakar itu adalah Alrisman (60).

Sebelum kejadian, katanya, Alrisman sedang berada di dalam rumah atau tepatnya di belakang warung. Tiba-tiba, ia mendengar suara ledakan dari dalam warung.

Pemilik rumah pergi mencari sumber suara ledakan dan pada saat itu ditemukan api telah membesar dari dalam kamar yang berada di dalam warung yang terbuat dari kayu tersebut.

“Mendapati hal tersebut, kemudian korban membangunkan anggota keluarganya untuk keluar rumah dan meminta pertolongan kepada warga sekitar,” katanya.

Berdasarkan keterangan dari pemilik rumah dan para saksi, kata Nur, api diduga bersumber dari korsleting arus listrik yang terdapat di kamar warung.

“Tidak ada korban jiwa meninggal, namun kerugian akibat peristiwa tersebut mencapai Rp600 juta,” ucapnya.

Data dari Polres Dharmasraya, selain menghanguskan rumah dan warung, api juga melahap sejumlah harta benda seperti satu mobil, 10 mesin jahit, dua televisi, satu mesin cuci, pakaian, etalase, peralatan menjahit, dua telepon seluler (ponsel) dan uang tunai sebesar Rp3 juta.

Terpisah, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Dharmasraya, Yunisman mengatakan, pihaknya mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

“Kami juga dibantu oleh mobil pemadam dari Polres Dharmasraya di lokasi kejadian,” imbuhnya. (rdr-008)

Exit mobile version