Gempa Bumi Dangkal Guncang Kepulauan Mentawai Selasa Dini Hari, Segini Kekuatannya

Pusat gempa disebut berada di kedalaman 10 kilometer.

ilustrasi gempa. (Dok. Istimewa)

ilustrasi gempa. (Dok. Istimewa)

TUA PEJAT, RADARSUMBAR.COMGempa dengan magnitudo 4,0 mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (16/4/2024) dini hari sekitar pukul 00.34 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di koordinat 3,01 derajat Lintang Selatan dan 98,02 derajat Bujur Timur atau sekitar 208 kilometer Barat Daya Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pusat gempa disebut berada di kedalaman 10 kilometer. Belum ada informasi rinci mengenai ada atau tidaknya kerusakan dalam gempa ini, termasuk ada atau tidaknya korban jiwa.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), laman bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, kanal telegram (t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (rdr)

Exit mobile version