Dewan Da’wah-Yarsi Sumbar Salurkan Hewan Kurban di Mentawai

Dewan Da'wah bersama Yarsi Sumbar menyalurkan hewan kurban di Mentawai. (Foto: Dok. Istimewa)

TUAPEJAT, RADARSUMBAR.COM – Idul Adha 1445 H, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia menggandeng Yarsi Sumbar menyalurkan hewan kurban ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ketua Dewan Da’wah Sumbar Prof Yaswirman, mengungkapkan berkurban merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berbagi kebahagiaan serta membantu sesama yang membutuhkan.

“Kami mendapatkan informasi dari da’i Dewan Da’wah di Sikakap, bahwa masyarakat muslim di Dusun Boriai, Desa Sinakak, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini tidak mendapatkan hewan kurban dari muhsinin. Oleh karenanya kita gandeng Yarsi Sumbar untuk berkurban di sana,” ujar Prof Yaswirman melalui keterangan tertulis, Selasa (18/6/2024).

Ia menyebut, tahun ini da’i Dewan Da’wah Sumbar di Kepulauan Mentawai telah berikhtiar dan menggalang dukungan umat. Tercatat hewan kurban di Dusun Mara sebanyak 2 ekor sapi, Dusun Sioban sebanyak 4 ekor sapi, dan Dusun Sikakap sebanyak 1 ekor sapi.

“Semoga di tahun-tahun mendatang, kiranya ada program di masjid-masjid besar di Kota Padang atau daerah lainnya untuk menyalurkan hewan kurban untuk daerah minim. Agar dusun-dusun di Mentawai turut mendapatkan hewan kurban yang merata,” harapnya.

Ketua Yarsi Sumbar Prof Masrul mengatakan, Yarsi Sumbar menyambut baik ajakan Dewan Da’wah Sumbar untuk berkurban di Kepulauan Mentawai.

“Tahun ini kita berkurban sebanyak 1 ekor sapi di Mentawai,” ujar Prof Masrul.

Sementara itu, Sekretaris Yarsi Sumbar Anisral mengungkapkan, semangat berkurban telah dilakukan di lingkungan Yarsi Sumbar.

“Selama ini dilakukan melalui panitia kurban di Masjid Asy Syifa di masing-masing Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina. Diantara yang berkurban adalah dokter, perawat, pegawai rumah sakit, jamaah Masjid Asy Syifa, dan para muhsinin kenalan dari keluarga besar Yarsi Sumbar,” terang Anisral.

Dia bersyukur tahun ini, hewan kurban di setiap masjid Asy Syifa RSI Ibnu Sina cukup memadai. Tercatat di Padang sebanyak 5 ekor sapi, Padangpanjang sebanyak 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Bukittinggi sebanyak 3 ekor sapi, Payakumbuh sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Pasaman sebanyak 2 ekor sapi, Pasaman Barat sebanyak 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Anisral berharap keluarga besar Yarsi Sumbar memprogramkan berkurban di Mentawai di tahun-tahun mendatang.

Ustadz Agusnadi, dai Dewan Da’wah di Sikakap Mentawai, menyampaikan rasa syukur atas penyaluran hewan kurban dari Yarsi Sumbar.

“Alhamdulillah sudah terlaksana pemotongan hewan kurban dari Yarsi Sumbar dan sudah disalurkan kepada masyarakat Sikakap dan para mualaf di sekitaran pulau Sikakap,” ujarnya. (rdr)

Exit mobile version