Gerak Cepat, Basarnas Evakuasi Perahu yang Terbalik di Laut Mentawai

Korban berjumlah dua orang, perahu yang ditumpangi keduanya terbalik saat baru pulang dari ladang.

Evakuasi dua masyarakat yang mengapung di perairan Kepulauan Mentawai usai perahu yang ditumpanginya terbalik akibat hujan badai. (Foto: Dok. Basarnas)

Evakuasi dua masyarakat yang mengapung di perairan Kepulauan Mentawai usai perahu yang ditumpanginya terbalik akibat hujan badai. (Foto: Dok. Basarnas)

TUA PEJAT, RADARSUMBAR.COM – Aksi spontan langsung diambil alih oleh Awak Buah Kapal (ABK) KN SAR Ramawijaya 240 yang melihat perahu masyarakat terbalik di perairan sekitar Pulau Sipora, Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal mengatakan, perahu tersebut terbalik usai dihantam hujan badai pada Sabtu (1/4/2023) pukul 14.50 WIB.

“Korban berjumlah dua orang, perahu yang ditumpangi keduanya terbalik saat baru pulang dari ladang,” kata Akmal dalam keterangan tertulis.

Dua korban tersebut, katanya, bernama Yanti (23) dan Erkana (60). Lebih lanjut Akmal menjelaskan, kejadian tersebut diketahui langsung oleh kru KN SAR Ramawijaya yang berada di bawah naungan Basarnas (Kantor SAR Mentawai).

“Seketika kru kapal langsung spontan menyelamatkan korban menggunakan perahu RIB 03 dan mengevakuasinya ke daratan,” katanya.

Saat ini, kata Akmal, kedua korban sudah berhasil dievakuasi petugas SAR dengan selamat.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang berlayar atau menggunakan perahu perhatikan cuaca dan baca situasi di laut, selalu berpatokan kepada prakiraan cuaca yang telah dikeluarkan pihak BMKG,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version