Pemko Padang kembali Gelar Pesantren Ramadan, Siswa-Orangtua Wajib Ikuti Iktikaf

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Padang Fuji Astomi. (IST)

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Padang Fuji Astomi. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota Padang kembali menggelar Pesantren Ramadan pada bulan puasa tahun ini. Kegiatan itu diikuti oleh siswa SD maupun SMP di daerah itu.

Menariknya, pelaksanaan Pesantren Ramadan tahun ini akan diikuti siswa sekolah hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri.

“Pelaksanaan Pesantren Ramadan bakal digelar 17 atau 20 hari mendatang, sebelum berakhirnya bulan Ramadan peserta didik beserta orang tua wajib mengikuti iktikaf,” kata Kepala Bagian Kesra Setdako Padang, Fuji Astomi, Selasa (20/2/2024).

Rencananya, Pesantren Ramadan akan dilaunching pada 1 Maret 2024. Sementara pembukaan akan dilaksanakan pada 14 Maret 2024.

“Sejak dimulai pada tahun 2004, Pemko Padang berkomitmen untuk ‘Istiqamah’ melaksanakan Pesantren Ramadan,” jelas Fuji.

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Menyesuaikan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diselingi dengan materi dan praktik yang bertujuan membentuk kepribadian yang berakhlak.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Zul Asfi mengatakan sebanyak 160 Master of Trainer (MoT) akan dibekali pelatihan. MoT itu sendiri akan menjadi pemateri dalam Pesantren Ramadan nanti.

“Kita ingin dalam pelaksanan kali ini lebih baik dan mempunyai nilai dan makna terutama anak didik kita,” harapnya. (rdr/mc)

Exit mobile version