5 Kota di Indonesia jadi Percontohan Infrastruktur dan Sanitasi, Salah Satunya Padang

Ada lima daerah yang jadi percontohan yakni, Kota Banda Aceh, Cirebon, Kota Banjarmasin, Padang, dan Kabupaten Gorontalo.

Pertemuan Wali Kota Padang, Hendri Septa dengan perwakilan Australia pada Senin (26/2/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

Pertemuan Wali Kota Padang, Hendri Septa dengan perwakilan Australia pada Senin (26/2/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terpilih menjadi salah satu kota percontohan Sanitation Infrastructure and Institutional Support Program (SIIP) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur (KIAT).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Padang, Hendri Septa saat menerima kunjungan dari Tim Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur (KIAT), di kediaman resmi Wali Kota Padang, Senin (26/2/2024) pagi.

“Ada lima daerah yang jadi percontohan yakni, Kota Banda Aceh, Cirebon, Kota Banjarmasin, Padang, dan Kabupaten Gorontalo,” katanya.

Melalui program SIIP, kata Hendri Septa, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bakal mendapatkan pendampingan mengenai penguatan dokumen perencanaan jangka menengah di sektor air limbah domestik.

Penyusunan dan pembahasan dokumen rencana investasi dan kapasitas sanitasi, serta penguatan kerangka kelembagaan dan regulasi terkait pengelolaan air limbah domestik.

“Melalui program ini kami mengharapkan infrastruktur sanitasi dan pengelolaan air limbah domestik di Kota Padang akan lebih baik lagi ke depannya, sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan,” katanya.

Sementara itu, Deputi Direktur KIAT, Benjamin Smith yang didampingi Koordinator Penanggung Jawab Program SIIP, Ifad Mourbas mengatakan, kerjasama dengan Pemko Padang akan berlangsung hingga bulan Februari 2026. (rdr)

Exit mobile version