Berpartisipasi di HJK Padang, Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Fashion Show Siti Nurbaya

Ratusan pelajar mengikuti lomba solo song dan fashion show Siti Nurbaya. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Padang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Padang ke-355 tahun.

Mereka mengikuti Lomba Fashion Show dan Lomba Solo Song yang digelar oleh Pemerintah Kota Padang di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Minggu (4/8/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar sewaktu membuka kegiatan ini mengatakan, lomba solo song dan fashion show merupakan rangkaian Festival Siti Nurbaya yang diadakan oleh Pemerintah Kota Padang dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-355 tahun.

“Selain lomba ini, nantinya kita juga akan mengadakan Bedah Buku Legenda Siti Nurbaya, dan nonton bareng Film Siti Nurbaya. Kemudian kita juga akan meresmikan jalan Marah Rusli untuk mengenang budayawan kita, tokoh Sumatera Barat yang menulis cerita Siti Nurbaya,” sebut Andree Algamar.

Pj. Wali Kota Padang ini berharap melalui Festival Siti Nurbaya dapat mengenalkan legenda Siti Nurbaya kepada generasi muda, dan masyarakat Indonesia karena ini merupakan kekhasan Kota Padang dan Sumatera Barat.

“Kita ingin mengenalkan cerita Siti Nurbaya ini kepada masyarakat luas, karena semakin banyak orang mengenal cerita ini tentunya akan banyak manfaatnya. Mari kita lestarikan cerita rakyat kita dalam peringatan Hari Jadi Kota Padang ini,” pungkas Andree Algamar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova mengatakan, lomba solo song diikuti oleh pelajar SD dan SMP se-Kota Padang. Sementara untuk lomba fashion show diikuti oleh pelajar SMP se-Kota Padang.

Dalam fashion show masing-masing peserta berlomba menampilkan pakaian adat yang menyerupai ketiga tokoh dalam legenda Siti Nurbaya, Siti Nurbaya, Datuk Maringgih dan Samsul Bahri. Sementara untuk lomba solo song mereka melombakan beberapa lagu, diantaranya lagu dengan judul Siti Nurbaya.

“Melalui lomba ini kita ingin anak-anak kita mengenal dengan legenda Siti Nurbaya. Siapa itu Siti Nurbaya, Datuk Maringgih dan Samsul Bahri . Sehingga mereka bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut,” ucap Kadis Dikbud Kota Padang ini. (rdr)

Exit mobile version