HUT RI ke-79, Pj Wako Padang Pimpin Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di TMP Kuranji

Pj Wako Padang, Andree Harmadi Algamar menabur bunga di TMP Kuranji dalam kegiatan malam renungan suci memperingati HUT RI ke-79 pada Sabtu (17/8/2024) dini hari. (Foto: Dok. Prokopim)

Pj Wako Padang, Andree Harmadi Algamar menabur bunga di TMP Kuranji dalam kegiatan malam renungan suci memperingati HUT RI ke-79 pada Sabtu (17/8/2024) dini hari. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kuranji, Sabtu (17/8/2024) dini hari.

Kegiatan yang dilangsungkan tepat pada pukul 00.00 WIB ini, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kota Padang.

Setelah menerima laporan dari komandan upacara, Pj Wali Kota Padang lantas membacakan naskah apel, sekaligus memimpin prosesi mengheningkan cipta dan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Kemudian, Pj Wako Padang melakukan peletakan karangan dan tabur bunga ke makam para pahlawan.

Andree Harmadi Algamar menyampaikan, apel kehormatan dan renungan suci ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

“Sikap juang dan rela berkorban para pahlawan harus kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus mewariskannya kepada generasi muda,” katanya.

Melalui momentum HUT RI kali ini, katanya, diharapkan dapat menjadi ajang kebangkitan untuk Kota Padang ke depan.

“Para pahlawan dulu bersusah payah melawan penjajah, bahkan tidak takut dengan kehilangan nyawanya. Maka dari itu, sekarang tugas kita adalah hargai perjuangan mereka dengan mengisi pembangunan. Termasuk menyiapkan generasi muda dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Apel kehormatan dan renungan suci ini turut dihadiri oleh Kapolresta Padang, Kombes Ferry Harahap, Dandim 0312/Padang, Kolonel Kav Yudha Setiawan, Kajari Padang, Aliansyah serta Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye.

Sebagai peserta upacara terdiri dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang, prajurit TNI-Polri, serta personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol P), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Padang. (rdr)

Exit mobile version