Bank Sampah Ditargetkan Capai 89 Unit di Padang Timur pada 2024

Kecamatan Padang Timur, setiap harinya rata-rata menghasilkan 65 ton sampah berbagai jenis.

Camat Padang Timur, Diko Eka Putra. (Foto: Dok. Pribadi)

Camat Padang Timur, Diko Eka Putra. (Foto: Dok. Pribadi)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Camat Padang Timur, Diko Eka Putra menargetkan bisa menciptakan 89 unit Bank Sampah para setiap Rukun Warga (RW) pada 2024.

“Target ini merujuk pada jumlah RW seluruh Kecamatan Padang Timur ini,” kata Diko beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata Diko, baru terdapat 12 unit bank sampah di Kecamatan Padang Timur. Lokasinya tersebar satu unit per kelurahan ditambah satu unit di tingkat kecamatan.

Kecamatan Padang Timur, katanya, setiap harinya rata-rata menghasilkan 65 ton sampah berbagai jenis.

Sementara rata-rata jumlah sampah yang dikelola oleh setiap Bank Sampah di Padang Timur baru satu hingga dua ton setiap bulannya.

“Jadi dengan bertambahnya jumlah Bank Sampah, tentu kita harapkan dapat meningkatkan upaya pengelolaan sampah, sekaligus mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin,” katanya.

Selain itu, katanya, keberadaan Bank Sampah juga dapat memberikan penghasilan tambahan, terutama kepada para ibu rumah tangga.

Dengan menjadi anggota Bank Sampah, emak-emak diajarkan untuk memilih sampah, terutama sampah rumah tangga, kemudian menyetor ke Bank Sampah, yang akan dikonversikan menjadi tabungan emas.

“Ini merupakan bentuk kerjasama kami dengan pihak PT Pegadaian, melalui program Menabung Emas. Dengan adanya Bank Sampah di setiap RW nantinya, selain menciptakan lingkungan yang bersih, juga dapat menjadi sumber tambahan penghasilan bagi masyarakat terutama ibu rumah tangga,” tutur eks Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang tersebut. (rdr)

Exit mobile version