Masjid di Padang Ini Luncurkan Gerakan Subuh Berjamaah selama 40 Hari

Ikatan Remaja Masjid Darul Huda Perumdam Punggai, Padang didampingi pengurus masjid menggagas Gerakan Shalat Subuh Berjamaah 40 hari pada Ahad 8 Januari 2023. (Antara/HO)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Ikatan Remaja Masjid Darul Huda Perumdam Punggai, Padang didampingi pengurus masjid menggagas Gerakan Shalat Subuh Berjamaah 40 hari penuh bagi pelajar yang berada di sekitar lingkungan masjid pada Ahad 8 Januari 2023.

Gerakan ini diresmikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang dihadiri Bagian Kesra Setda Kota Padang, Lurah Surau Gadang, Pengurus Masjid, Majelis Taklim, dan anak TPA-TPQ masjid.

Sekretaris Masjid Darul Huda Muhammad Fathi melalui siaran pers yang diterima di Padang bersyukur dan bangga atas inisiasi dari ikatan remaja masjid yang telah menggagas Gerakan Shalat Subuh Berjamaah 40 hari bagi anak di lingkungan masjid.

Pengurus masjid mendukung gerakan ini karena mendorong kesadaran dan kemauan anak-anak untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid selama 40 hari tanpa putus.

Harapan selanjutnya orang tua anak pun juga akan ikut shalat berjamaah di Masjid Darul Huda. Ke depan kita akan melakukan pengawasan supaya gerakan ini akan berdampak kepada rasa cinta anak ke masjid, ini adalah salah satu inovasi dari masjid untuk mewujudkan masjid ramah anak, kata dia.

Pembina Ikatan Remaja Masjid Wanda Leksmana menyampaikan gerakan ini didasari atas semangat remaja masjid untuk selalu berinovasi supaya banyak anak-anak untuk shalat jamaah di masjid.

“Shalat subuh adalah shalat yang mempunyai tantangan sulit bagi setiap umat islam untuk menunaikannya secara berjamaah di masjid, maka dari sekarang harus kita ajarkan pendidikan shalat subuh berjamaah ini kepada anak supaya di kemudian hari menjadikan shalat subuh berjamaah menjadi kebutuhan”, kata dia.

Menurut dia jika shalat subuh berjamaah sudah dibiasakan bagi anak, insya allah untuk shalat dzhur, ashar, magrib, dan isya akan ditunaikan anak-anak secara berjamaah. Untuk memotivasi anak-anak shalat subuh berjamaah 40 hari penuh di masjid darul huda, maka remaja masjid menyediakan dana tabanas dengan total Rp2 juta.

Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah hingga gerakan angkatan pertama ini selesai. Gerakan akan dimulai pada tanggal 10 Januari – 19 Februari 2023. Telah ada 50 an anak yang mendaftar untuk ikut gerakan ini.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang, Maigus Nasir bangga dan memberikan apresiasi saat ada masjid yang mempunyai inovasi untuk mengajak anak-anak mencintai masjid melalui program-program yang mengedukasi seperti Gerakan Shalat Subuh Berjamaah 40 hari penuh di Masjid Darul Huda.

“Ini adalah program perdana di kota Padang yang digagas oleh remaja masjid di kota padang, biasanya program inovasi digagas oleh pengurus masjid, tapi di masjid Darul Huda gerakan ini digagas oleh ikatan remaja masjid Darul Huda,” kata dia

Ia menilai gerakan ini juga sejalan dengan program pemerintah kota Padang yang telah digagas wali kota padang yakni shalat subuh berjamaah di masjid setiap hari jum’at bagi anak. (rdr/ant)

Exit mobile version