Pohon Tumbang di Padang Timpa Kabel Listrik dan Jaringan Nirkabel

Pohon tumbang di dua kawasan Kota Padang pada Rabu (8/11/2023) pagi. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi sejak Selasa malam hingga Rabu pagi (7-8/11/2023) membuat sejumlah pohon bertumbangan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Data yang berhasil dihimpun dari Pusat Kendali Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), terdapat dua kejadian pohon tumbang.

Di antaranya di depan rumah sakit Hewan Sumbar atau samping Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur dan di Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan.

“Ada dua laporan yang masuk. Kami kerahkan tujuh personel untuk evakuasi pohon tumbang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, Rabu (8/11/2023) siang.

Andree mengatakan, pihaknya ekstra hati-hati dalam mengevakuasi pohon yang tumbang lantaran menimpa kabel listrik dan kabel jaringan nirkabel.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang tersebut,” katanya.

Andree mengimbau masyarakat untuk rutin menjaga atau merawat pohon secara bergotong-royong demi mengantisipasi kejadian pohon tumbang menimpa rumah.

“Terakhir, jangan lupa manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemko Padang yakni pengaduan bebas pulsa di nomor 112 serta BPBD Kota Padang dengan telepon 0751-778775, WhatsApp 0858-9152-2181 dan Radio Komunikasi HT 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian pohon tumbang, banjir, longsor dan bencana alam lainnya yang terjadi di sekitarnya,” imbuhnya. (rdr-008)

Exit mobile version