Sumbar dan TNI AL Gagas Kampung Bahari Nusantara

Pemprov Sumbar dan Lantamal II Padang menggagas Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pisang.

Dari kiri ke kanan: Pangkoarmada I, Laksamana Muda Achmad Wibisono dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

Dari kiri ke kanan: Pangkoarmada I, Laksamana Muda Achmad Wibisono dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) dan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang berencana hendak membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Sungai Pisang, Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat menjamu Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda Achmad Wibisono di Auditorium Gubernuran, Kamis (9/11/2023) malam.

“Koarmada I merupakan salah satu Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut (AL) memiliki wilayah yang cukup luas, terbentang dari Kota Sabang sampai Kota Cirebon,” kata Gubernur.

Mahyeldi mengatakan, bentangan wilayah tersebut tentu menjadi tantangan berat bagi Pangkoarmada I dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Sebagai bentuk kolaborasi nyata, Pemprov Sumbar dan Lantamal II Padang menggagas Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pisang.

“Di sana dibangun pusat pelatihan olahraga air, yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh atlet Sumbar sebagai pusat pelatihan olahraga air, sehingga akan lahir atlet olahraga air yang berprestasi di tingkat nasional dari Sumbar,” katanya.

Sementara itu, Pangkoarmada I, Laksamana Muda Achmad Wibisono mengatakan, TNI AL akan senantiasa secara kontinuitas mendukung dan berkontribusi positif kepada Pemprov Sumbar.

“Harapan ke depan, agar kegiatan pertemuan seperti ini tetap dijaga dan dilanjutkan, sebagai sarana mempererat silaturahmi dan membangun sinergitas antara Pemprov dengan TNI AL,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar dan Forkopimda juga saling bertukar cinderamata dengan Pangkoarmada I. (rdr)

Exit mobile version