Kepala BPBD Padang Dituntut Paham Manajemen Kebencanaan

BPBD Kota Padang dituntut siap siaga dalam menghadapi bencana, harus siap siaga menghadapi bencana.

Dari kiri ke kanan: Kepala BPBD Kota Padang definitif, Hendri Zulviton melakukan serah terima jabatan dari Plt Kepala BPBD Padang, Andree Harmadi Algamar didampingi Asisten III Setda Kota Padang, Corri Saidan. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

Dari kiri ke kanan: Kepala BPBD Kota Padang definitif, Hendri Zulviton melakukan serah terima jabatan dari Plt Kepala BPBD Padang, Andree Harmadi Algamar didampingi Asisten III Setda Kota Padang, Corri Saidan. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang yang baru dituntut untuk paham dengan manajemen kebencanaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang, Corri Saidan usai serah terima jabatan (sertijab) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut dari Pelaksana Tugas (Plt), Andree Harmadi Algamar kepada Hendri Zulviton, Selasa (28/11/2023) sore.

Corri mengatakan, Kepala BPBD Kota Padang yang baru dituntut untuk paham dengan tugas pokok BPBD sebagai instansi yang terkait dengan kebencanaan.

“Di saat kondisi cuaca yang tak menentu dan cenderung ekstrem, BPBD Kota Padang dituntut siap siaga dalam menghadapi bencana, harus siap siaga menghadapi bencana,” kata Corri.

Corri mengatakan, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan oleh seorang Kepala BPBD. Di antaranya, manajemen keuangan, aset dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Semoga ketiganya bisa dikelola sedemikian rupa sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sudah tersedia tentu berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dipedomani di dalam pelaksanaan tugas,” katanya.

Corri menekankan bahwa manajemen pengelolaan bencana perlu didukung dengan inovasi yang baru.

“Sehingga, Kota Padang sebagai kawasan tangguh bencana itu bisa terwujud dengan adanya pengelolaan manajemen bencana berbasis informasi dan teknologi (IT),” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang yang sempat menjabat sebagai Plt Kepala BPBD Kota Padang mengapresiasi kinerja dan kerja tim yang telah diperlihatkan oleh jajaran BPBD.

“Alhamdulillah kami bisa saling kerjasama dalam pembenahan infrastruktur kantor ini, mulai dari Palanta Tangguh, jalan masuk ke kantor, pekarangan yang sudah dicor beton, hingga cat dinding kantor yang dikerjakan sampai larut malam,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Kota Padang yang baru, Hendri Zulviton mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin dan berharap bantuan seluruh jajaran dan pihak dalam mengemban tugas yang diamanahkan kepada dirinya.

“Semoga di tempat yang baru ini saya dapat bekerja dengan baik dan akan berikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat serta hasil kinerja penanganan bencana akan kami publikasikan sebagai representasi bahwa pemerintah hadir untuk penanganan kedaruratan di Kota Padang,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana (Sarpras) dan Aset Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang tersebut. (rdr)

Exit mobile version