Bawaslu Pariaman Ingatkan Netralitas ASN dan Kepala Desa di Pilkada 2024

Kami mengingatkan agar ASN maupun kepala desa dan lurah untuk netral dan tidak mendukung salahsatu paslon.

Deklarasi Pilkada damai di Pariaman. (dok. Radarsumbar/Rudi)

Deklarasi Pilkada damai di Pariaman. (dok. Radarsumbar/Rudi)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Bawaslu Kota Pariaman menggelar deklarasi damai Netralitas ASN dan Kepala Desa di Mapolres Kota Pariaman, Jumat (27/9/2024) siang.

Acara tersebut dihadiri ketiga paslon Walikota dan Wakil Walikota, Kapolres, Dandim, Kejari, Komioner Bawaslu Provinsi, Ketua DPRD, Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan mengingatkan netralitas ASN dan Kepala Desa dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Pariaman tahun ini.

“Masa kampanye sudah dimulai semenjak 25 September dan berlangsung hingga 23 November mendatang. Kami mengingatkan agar ASN maupun kepala desa dan lurah untuk netral dan tidak mendukung salahsatu paslon,” ujar Riswan.

Riswan juga mengatakan fungsi pengawasan yang dimiliki Bawaslu tidak bisa berjalan sendiri. Maka dari itu, pihaknya mengajak seluruh elemen untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif.

“Kami mengajak aparatur negara maupun masyarakat untuk membantu kami menjalankan fungsi pengawasan ini,” Jelasnya.

Pihaknya juga mengingatkan untuk ketiga paslon maupun tim pemenanangan untuk terhindar dari politik uang, isu-isu SARA yang dapat merusak pesta demokrasi ini.

Sementara itu, Kapolres Kota Pariaman, AKBP Andreanaldo Ademi juga mengingatkan netralitas aparatur negara maupun ASN dalam Pilkada ini.

“Ketidaknetralan akan ada sanksi administrasi indispliner, maupun pidana. Kepada ASN kami ingatkan juga mesti hati-hati dalam menggunakan media sosial,” tutupnya. (rdr-rudi)

Exit mobile version