Ketua DPRD Pariaman Berharap Wisata Olahraga Berdampak terhadap Ekonomi Masyarakat

Salah seorang atlet sepatu roda mengikuti Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman, Sumbar. (Antara/Aadiaat M.S)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Ketua DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat Fitri Nora mengharapkan kegiatan wisata olahraga yang banyak dilaksanakan pemerintah daerah setempat harus berdampak ekonomi luas bagi masyarakat.

“Masyarakat baik dari pelaku usaha makanan, hotel, atau usaha lainnya tidak saja memanfaatkan momen ini untuk peningkatan pendapatan, namun juga ajang promosi,” kata dia di Pariaman, Selasa (11/10/2022).

Ia mengatakan pelaku usaha harus memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, tidak menerapkan harga di atas harga wajar serta bila perlu memberikan souvenir kepada tamu guna memberikan kesan positif.

Dengan kesan positif yang diberikan tersebut, lanjutnya maka tidak saja akan berdampak pada peningkatan kunjungan pada usaha yang dijalani namun juga terhadap citra daerah. “Jangan ada lagi main patok harga sembarangan, dan bagi penginapan berikan sovenir kepada tamu misalnya memberikan mainan kunci yang melambangkan karakter daerah,” katanya.

Menurutnya harga dari sovenir tersebut hanya berkisar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per unit namun sudah memberikan kesan yang baik kepada tamu sehingga dengan pelayanan yang baik maka mereka akan tertarik kembali menginap di penginapan itu.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengapresiasi pemerintah dan komunitas di daerah itu yang melaksanakan kegiatan wisata olahraga yang mendatangkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Diketahui pada pertengahan September daerah itu telah melaksanakan kegiatan wisata olahraga Pariaman Berlari dan daerah itu juga akan melaksanakan kegiatan sepatu roda yang akan dilaksanakan pada 21 sampai 23 Oktober 2022.

Terpisah Asisten II Pemkot Pariaman Elfis Chandra mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat persiapan untuk melancarkan kegiatan tersebut pada Senin kemarin.

Ia mengatakan kejuaraan sepatu roda merupakan kegiatan wisata olahraga yang sering dilaksanakan di daerah itu selain dari kegiatan olahraga lainnya. Kegiatan tersebut terus dilakukan evaluasi guna meningkatkan kualitas pelaksanaan.

Ia berharap setiap kegiatan yang dilaksanakan juga hendaknya berdampak baik bagi perkembangan ekonomi masyarakat dan menjadi upaya promosi kepariwisataan Pariaman ke kancah nasional. (rdr/ant)

Exit mobile version