Wali Kota Sebut Seluruh SMPN Sederajat di Pariaman telah Berakreditasi A

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Seluruh SMPN sederajat dan lebih 40 unit dari 82 SDN di Kota Pariaman, Sumatera Barat telah berakreditasi A sehingga dapat menyediakan layanan publik bidang pendidikan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

“Ini membuktikan anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan berhasil karena mampu meningkatkan mutu pendidikan serta setiap anak di Pariaman dapat sekolah dengan baik,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Hal tersebut ia sampaikan saat pelantikan Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD di Kota Pariaman serta Maulid Nabi Muhammad SAW di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan setidaknya anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidikan di Pariaman mencapai 23 persen dari APBD yang digunakan tidak saja untuk menggratiskan biaya pendidikan siswa SD dan SMP namun juga SMA sederajat.

Menurutnya peningkatan mutu pendidikan diperlukan untuk mengentaskan kemiskinan, menggerakkan pembangunan daerah, dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Pihaknya merincikan, di Pariaman terdapat sembilan SMPN dan tiga MTSN yang semuanya telah berakreditasi A, lalu lima dari enam SMAN di daerah itu telah terakreditasi A sedangkan sisanya yaitu SMAN 6 masih B karena baru.

Meskipun akreditasi sekolah di Pariaman telah banyak A namun Genius tetap meminta guru-guru di daerah itu agar terus belajar dan menambah ilmu pengetahuannya guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi mengatakan pihaknya memiliki target untuk menjadikan seluruh sekolah di bawah kewenangan pemerintah setempat di daerah itu berakreditasi A. “Sekarang alhamdulillah semuanya sudah mengarah berakreditasi A,” ujarnya.

Ia mengatakan upaya yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan akreditasi tersebut yaitu dengan melakukan intervensi ke sekolah-sekolah di daerah itu. Menurutnya akreditasi pada sekolah merupakan cerminan pelayanan dan mutu pendidikan yang diberikan sekolah kepada peserta didik. (rdr/ant)

Exit mobile version