Investasi di Pariaman pada 2022 Capai Rp44,1 Miliar, Didominasi Perdagangan

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Sumbar, Noviardi. Antara/Aadiaat M. S.

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Realisasi investasi di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada 2022 mencapai Rp44,1 miliar yang jumlah itu naik sekitar Rp10,1 miliar dari tahun 2021 yang hanya Rp34 miliar.

“Realisasi investasi di Pariaman pada 2022 melebihi target, target yang diberikan yaitu Rp42 miliar,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pariaman Noviardi, di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan capaian investasi tersebut diketahui dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan pemantauan secara manual yang dilaksanakan oleh organisasi perangkat daera itu. Ia menjelaskan data LKPM dilaporkan secara dalam jaringan atau online oleh penanam modal untuk nilai investasi di atas Rp1 miliar sedangkan nilai investasi di bawahnya akan dapat diketahui dengan cara manual.

Ia menyampaikan investasi di Pariaman didominasi oleh bidang perdagangan, perumahan, penginapan, rumah sakit, dan kafe.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP dan Naker Pariaman Eva Yulia Delwita mengatakan dalam beberapa tahun terakhir realisasi investasi di kota itu melebihi target yang ditetapkan. Ia menyebutkan pada 2021 target investasi yang diberikan Rp33 miliar sedangkan realisasinya Rp33 miliar dan pada 2022 target yang ditetapkan Rp42 miliar sedangkan realisasinya Rp44,1 miliar.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mencatat realisasi investasi di daerah itu dari Januari hingga Oktober 2022 mencapai Rp30 miliar dari berbagai jenis usaha yang dijalankan oleh investor.

“Angka investasi itu didapat melalui pelaporan investor langsung ke pemerintah pusat melalui aplikasi untuk besaran investasi lebih dari Rp1 miliar sedangkan yang di bawah Rp1 miliar kami data dan laporkan secara manual,” kata Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Eva Yulia Delwita di Pariaman.

Ia mengatakan sepanjang tahun ini ada sejumlah jenis investasi di Pariaman di antaranya untuk perumahan, sejumlah industri skala besar dan kecil, membangun penginapan, serta kafe. Namun, lanjutnya sebagian besar investasi tersebut bernilai kurang dari Rp1 miliar sehingga pihaknya tidak saja menunggu laporan dari investor melalui aplikasi namun juga mendata secara manual. (rdr/ant)

Exit mobile version