Minimalisir Kemacetan selama Libur Lebaran, Pemko Pariaman Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Tadi kami telah melaksanakan rapat dengan Polres Pariaman untuk membahas arus lalu linta

Ilustrasi - Personel Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Sumbar sedang mengatur lalu lintas di Pariaman. ANTARA/Aadiaat M. S.

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di daerah itu guna meminimalisir kemacetan karena lonjakan wisatawan ke sejumlah objek wisata selama libur Lebaran 2023.

“Tadi kami telah melaksanakan rapat dengan Polres Pariaman untuk membahas arus lalu lintas. Rapat nantinya akan dilanjutkan pada Jumat besok,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan untuk mengurai kemacetan pihaknya menerapkan sistem arus satu arah di sejumlah jalan yang berpotensi terjadi kepadatan kendaraan.

Lokasi yang dimaksud tersebut khususnya di Pasar Rakyat Pariaman dan objek wisata mulai dari Talao Pauah dan Pantai Gandoriah hingga Pantai Cermin.

Ia menyampaikan untuk melancarkan rekayasa lalu lintas tersebut pihaknya akan mengerahkan sekitar 60 personel yang ada di dinas itu selain melibatkan aparat kepolisian.

Menurutnya persiapan tersebut diperlukan karena jumlah kunjungan wisatawan pada tahun ini ke sejumlah objek wisata di Pariaman diprediksi jauh meningkat dari tahun sebelumnya.

Adapun arus searah tersebut yaitu mulai dari Simpang Ahmadin ke arah Stasiun Kereta Api hingga Simpang Lohong. Lalu dari Simpang Ahmadin ke arah Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, hingga pelelangan ikan juga searah.

Lalu dari Simpang Hotel Nan Tongga ke Talao Pauah hingga simpang kantor Samsat Pariaman juga satu arah. Pemkot Pariaman juga menerapkan satu arah dari plaza dekat taman merdeka ke Pasar Rakyat Pariaman hingga Stasiun Kereta Api Pariaman.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar. (rdr/ant)

Exit mobile version