Hadapi Libur Lebaran, Pemko Pariaman Antisipasi Petugas Parkir Liar

Kami juga akan memasang nomor aduan agar wisatawan bisa melapor ketika dirinya diminta tarif parkir tinggi

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Sumbar Afwandi. ANTARA/Aadiaat M. S.

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengantisipasi petugas parkir liar di sejumlah lokasi di daerah itu guna menghadapi libur Lebaran 2023.

“Kami telah berkoordinasi dengan dinas terkait, camat, lurah, dan kepala desa serta aparat kepolisian untuk mengatasi petugas parkir liar ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan melalui dinas terkait, camat, lurah, dan kepala desa tersebut pihaknya mengimbau warga yang ingin menjadi petugas parkir melapor ke Dishub.

Lalu, lanjutnya bagi warga yang akan menggunakan lahannya untuk lokasi parkir melapor ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah.

Ia menjelaskan tujuan dari hal tersebut agar nantinya warga bisa menjadi petugas parkir yang legal serta bisa mengelola parkir secara resmi.

Petugas parkir liar tidak saja membuat kebocoran pendapatan asli daerah namun juga mengganggu kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke daerah itu dengan meminta tarif di atas yang ditetapkan pemerintah.

Ia juga menyebutkan terkait tarif parkir di Pariaman selama libur lebaran agar wisatawan mengetahuinya sehingga oknum petugas parkir nakal tidak bisa menetapkan tarif tinggi.

Adapun besaran tarif parkir tersebut yaitu untuk kendaraan roda 4 dan sejenisnya dikenakan Rp10 ribu per kendaraan, kendaraan roda 2 dikenakan Rp5 ribu per unit, dan bus pariwisata Rp25 ribu per unit.

“Kami juga akan memasang nomor aduan agar wisatawan bisa melapor ketika dirinya diminta tarif parkir tinggi. Akun Instagram Dishub juga dimanfaatkan sebagai sarana pengaduan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar. (rdr/ant)

Exit mobile version