Wako Pariaman: Penas Tani Buka Jaringan Bidang Pertanian dan Perikanan

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) berfoto bersama saat menghadiri Penas Tani di Padang, Sabtu (10/6). Antara/HO- Diskominfo Pariaman

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia XVI 2023 merupakan kesempatan para petani, peternak, dan nelayan memperoleh wawasan dan membangun jaringan bidang pertanian dan perikanan.

“Penas diadakan setiap empat tahun sekali. Ini merupakan platform penting bagi para pelaku sektor pertanian dan perikanan di seluruh Indonesia untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan peningkatan terbaru dalam teknologi dan inovasi,” Kata dia di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan di Penas tersebut banyak pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat bahkan teknologi dan inovasi terbaru dapat diterapkan untuk peningkatan hasil tani maupun nelayan.

Oleh karena itu menurutnya kesempatan tersebut harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha pertanian dan perikanan untuk memperoleh wawasan baru dan membangun jaringan yang lebih luas dengan pelaku industri di tingkat nasional.

Dari bidang pemerintahan, lanjutnya kegiatan tersebut dapat memperkuat kerja sama antara pemerintah daerah dan industri pertanian serta perikanan dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktivitas sektor tersebut. Ia menyampaikan pentingnya kerja sama antara pemerintah, petani, dan nelayan dalam mendorong pertumbuhan ketahanan pangan.

“Dalam menghadapi tantangan global, kita perlu bersatu dan berkolaborasi untuk meningkatkan daya saing sektor pertanian dan perikanan kita. Saya yakin bahwa dengan memperkuat kerja sama, berbagi pengetahuan, dan menerapkan teknologi yang tepat, kita dapat mencapai tujuan untuk membangun pertanian dan perikanan yang berkelanjutan di Kota Pariaman,” katanya.

Penas Petani Nelayan Indonesia XVI 2023 dilaksanakan di Kota Padang selama lima hari mulai dari 10 sampai dengan 15 Juni.

Sebelumnya, sebanyak 289 kepala daerah masing-masing 29 gubernur/wakil gubernur dan 260 bupati/wali kota se-Indonesia menghadiri pembukaan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan XVI di Padang, Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023

“Semua sudah berada di Padang dan bergerak menuju Lapangan Udara Sutan Sjahrir yang menjadi lokasi pembukaan,” kata Ketua Panitia Daerah Penas Tani Nelayan XVI, Hansastri di Padang, Sabtu.

Selain kepala daerah, kata dia, para petani dan nelayan yang hadir terkonfirmasi sekitar 25 ribu orang dari berbagai provinsi di Indonesia termasuk para petani dan nelayan dari Sumbar. (rdr/ant)

Exit mobile version