Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemko Pariaman Komitmen Terapkan Konsep Kota Pintar

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kanan) menghadiri Forum Smart City 2023 di Surabaya, Senin (12/6).

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat berkomitmen menerapkan konsep kota pintar atau smart city guna menjadikan daerah yang berjuluk Kota Tabuik tersebut nyaman, aman, dan layak guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami telah menyelesaikan penyusunan masterplan (rencana induk) Smart City Kota Pariaman di tahun 2022 kemarin, semua rencana dan inovasi yang akan kita buat di lima tahun ke depan sudah kita tuangkan dan sebagian telah kita wujudkan di tahun 2023 ini,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menghadiri Forum Smart City 2023 di Surabaya, Senin (12/6/2023).

Ia mengatakan Pariaman harus menuntaskan semua yang ada dalam dokumen rencana induk tersebut karena jika kota pintar telah terwujud maka kesejahteraan masyarakat pasti akan meningkat.

“Banyak kota di Indonesia dan bahkan seluruh dunia telah meluncurkan program Smart City atau mengintegrasikan teknologi cerdas dalam infrastruktur perkotaan mereka, contohnya Singapura,” katanya.

Menurutnya dengan melakukan pendekatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tantangan perkotaan maka Pariaman bisa menerapkan konsep kota pintar yang lebih baik.

“Kami telah merumuskan apa yang mesti disiapkan untuk pembangunan Smart City Kota Pariaman,” katanya.

Ia menyampaikan dirinya akan memberikan paparan kepada Kementerian Kominfo terkait evaluasi yang telah dilakukan di tahun pertama setelah rencana induk diselesaikan dan juga manfaat yang dirasakan masyarakat dengan pembangunan kota pintar.

Genius menegaskan bahwa Pariaman tetap berkomitmen melanjutkan program kota pintar guna menghadirkan kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat. (rdr/ant)

Exit mobile version