Tingkatkan Promosi Wisata, Pemko Pariaman Gelar Lomba Foto Tabuik

Ribuan wisatawan menyaksikan Tabuik Pasa dan Subarang dibuang ke laut pada prosesi Tabuik dibuang ke laut dalam pesta budaya dan wisata Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022. ANTARA/Aadiaat M. S.

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar lomba foto bertaraf nasional bertema Tabuik yang berlangsung dari 27 sampai 30 Juli 2023 guna meningkatkan promosi wisata dan budaya di daerah tersebut.

“Kegiatan ini (lomba foto Tabuik taraf nasional) baru pertama kali diadakan di Pariaman dan saya berharap semua bisa berjalan dengan sukses,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elvis Chandra di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan meskipun pertama kali dilaksanakan namun pihaknya ingin lomba foto tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga persiapannya harus dimaksimalkan.

Menurutnya lomba foto dapat menjadi salah satu upaya untuk mendukung promosi wisata daerah guna memperkenalkan pariwisata dan budaya tradisional di Pariaman kepada masyarakat luas baik nasional maupun internasional.

Oleh karena itu, lanjutnya ia meminta organisasi perangkat daerah terkait di Pariaman dapat mengambil peran agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Ia menyebutkan peran tersebut mulai dari kebersihan, parkir, mobilisasi, keamanan, serta hal lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Asril mengatakan lomba foto yang berlangsung selama empat hari tersebut ditargetkan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari 15 orang dari luar Sumbar dan 35 orang dalam provinsi tersebut.

“Tabuik Photography Camp 2023 ini mengambil tema tentang Perpaduan Landscape dan Pakaian Tradisional Fashion Minangkabau,” katanya.

Ia menyampaikan pendaftaran lomba foto untuk photographer nusantara di luar Sumbar berlangsung dari 1 sampai dengan 20 Juli 2023 dengan melalui bit.ly/regisFGluarSumateraBarat.

Hadiah untuk 35 peserta yang masuk nominasi akan diikutsertakan dalam kegiatan acara Fotography Camp, Workshop, Hunting HI Konseptual, dan mendapatkan fasilitas camp 3d 3n, transportasi dan akomodasi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) bersama masyarakat setempat menjadwalkan melaksanakan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 mulai dari 19 sampai dengan 30 Juli.

“Kegiatannya tidak saja berupa prosesi Budaya Tabuik namun juga kegiatan keagamaan, lomba, kesenian, dan kebudayaan lainnya serta hiburan rakyat,” kata Kepala Bidang Budaya dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Budaya Pariaman Emri Joni di Pariaman.

Ia mengatakan sepanjang pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 akan dilaksanakan berbagai kegiatan baik di panggung utama yang berada di Pantai Gandoriah maupun sejumlah lokasi lainnya.

Ia menyampaikan dengan banyaknya kegiatan selain prosesi Tabuik maka dapat menghibur wisatawan di sela mengikuti prosesi budaya yang dilaksanakan setiap tahun itu. (rdr/ant)

Exit mobile version