Wako Pariaman: Pemko Buat Objek Pajak Baru yang Jadi Sumber PAD

Wali Kota Pariaman, Genius Umar. (Foto: Dok. Antara/HO-Diskominfo Pariaman)

Wali Kota Pariaman, Genius Umar. (Foto: Dok. Antara/HO-Diskominfo Pariaman)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan telah banyak inovasi yang dilakukan pemerintah setempat guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) demi percepatan pembangunan daerah.

“Pajak harus dipungut secara intensif dengan melakukan berbagai metode-metode terbaru,” kata Genius saat membuka Sosialisasi Inovasi Pajak Daerah Kota Pariaman Tahun 2023 di Aula Balaikota Pariaman, Kamis.

Tidak saja memungut pajak, lanjutnya Pemerintah Kota Pariaman juga membuat objek pajak baru yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi negara dan daerah.

Pendapatan negara dan daerah yang diperoleh dari pajak tersebut digunakan untuk pembiayaan pemerintahan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Oleh karena itu pemerintah berupaya mempermudah masyarakat membayar pajak dengan menciptakan berbagai inovasi.

Ia menyebutkan adapun inovasi perpajakan di Pariaman yaitu SIPAK BUMI BANA atau Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunanan, e-BPHTB untuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Reborn, PPJ atau Pajak Penerangan Jalan, serta Pembayaran Non Tunai.

Selain itu pemerintah juga membuat aplikasi SIGNAL atau Samsat Digital Nasional guna membantu masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Dengan inovasi tersebut maka dipastikan mempermudah dan meningkatkan PAD yang digunakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membackup APBD Kota Pariaman,” katanya.

Genius menghimbau seluruh pemangku kepentingan di daerah itu untuk ikut bersinergi dan berkomitmen menggali sumber-sumber pendapatan daerah.

“Kepada camat agar mendorong Kades dan Lurah untuk mempercepat realisasi PBB di masing-masing wilayahnya serta kepala OPD terkait agar pendapatan daerah lebih optimal lagi,” tambahnya. (rdr/ant)

Exit mobile version