Tak Perlu Datang ke Padang, Masyarakat Pariaman Kini Bisa Manfaatkan Layanan AHU Kemenkumham

Kemenkumham Sumbar mendirikan layanan AHU di Mal Pelayanan Publik Pariaman. (Foto: Dok. Antara)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) mendekatkan layanan bidang Administrasi Hukum Umum (AHU) kepada warga Pariaman lewat “Pos Layanan Kanwil Kemenkumham Sumbar” yang diresmikam pada Selasa (12/9/2023).

Pos layanan milik instansi Pengayoman itu didirikan di Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Kota Pariaman yang dikenal sebagai Kota Tabuik.

“Kami berharap pos layanan yang sudah dibentuk bisa memudahkan masyarakat Pariaman untuk mengakses berbagai layanan Administasi Hukum Umum (AHU) yang kami selenggarakan,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto di Padang, Rabu.

Ia mengatakan berbagai layanan AHU yang bisa diakses oleh warga Pariaman adalah layanan Perseroan Perorangan, pendaftaran Notaris, Perseroan Terbatas, dan Fidusia.

Kemudian layanan tentang perkumpulan, yayasan, kewarganegaraan, pewarganegaraan, legalisasi/apostille, koperasi, PPNS hingga badan usaha seperti CV, Prima, serta Persekutuan perdata.

“Dengan adanya pos layanan maka warga Pariaman tidak perlu datang ke Kantor Kemenkumham Sumbar di Kota Padang untuk mengakses berbagai layanan AHU,” jelasnya.

Kemudahan tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa membantu masyarakat dalam hal efisiensi waktu serta memangkas biaya perjalanan karena warga tidak perlu datang ke Padang.

Sementara itu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sumbar Ruliana Pendah Harsiwi menjelaskan selama ini untuk memiliki kepastian hukum, pelaku usaha perorangan harus bergabung dengan yang lainnya untuk dijadikan satu persekutuan modal yang kemudian baru bisa mengurus badan hukum.

“Namun sekarang hal tersebut tidak diperlukan lagi, sehingga melalui layanan AHU pelaku usaha perorangan bisa mendaftar online sebagai PT Perorangan. Itu bisa diakses di pos layanan,“ tambahnya.

Untuk diketahui Pos Layanan Kanwil Kemenkumham Sumbar di Pariaman diresmikan pada Selasa (12/9/2023), kegiatan dihadiri langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar. (rdr/ant)

Exit mobile version