Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Pasbar Lengkapi Sarana Prasarana Sekolah

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan sarana prasarana pendidikan di daerah itu pada 2024 ini. Antara/Altas Maulana.

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada 2024 menyiapkan anggaran untuk pembangunan sarana prasarana sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

“Sarana prasarana pendidikan harus terus dilengkapi untuk mendukung kemajuan pendidikan Pasaman Barat,” kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan, anggaran untuk bidang pendidikan untuk 2024 ini akan digunakan diantaranya pembangunan ruang kelas baru PAUD, SD di 30 titik dan SMP di 19 titik.

Selain itu, pembangunan sarana dan prasarana sekolah seperti toilet, pagar, dan kelengkapan lainnya tingkat SD, SMP, dan PAUD.

Kemudian rehabilitasi ruang kelas dan rehabilitasi ruang belajar tingkat SD, SMP, dan PAUD.

“Pembangunan ruang pustaka, ruang guru, mebel di tingkat SD, SMP, dan PAUD. Penyediaan bantuan perlengkapan belajar bagi siswa SD dan SMP dari keluarga kurang mampu. Anggarannya berasal dari APBD kabupaten da ada dari dana alokasi khusus (DAK) ,” katanya.

Pihaknya juga mengalokasikan anggaran Rp45 miliar untuk menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional untuk masyarakat kurang mampu.

Di bidang kesehatan angka harapan hidup meningkat dari tahun 2022 pada angka 68,25 naik tahun 2023 menjadi 68,53.

Di bidang pendidikan, rata-rata lama sekolah meningkat dari 8,55 tahun 2022 menjadi 8,81 tahun 2023.

Rata-rata harapan lama sekolah meningkat dari 13,69 tahun 2022 menjadi 13,70 tahun 2023. (rdr/ant)

Exit mobile version