KPU Distribusikan Logistik Pemilu ke Empat Kecamatan di Pasbar

KPU Pasaman Barat didampingi Polres Pasaman Barat, TNI dan Bawaslu saat melepas pendistribusian logistik dari kabupaten ke kecamatan, Minggu (11/2/2024). Antara/Altas Maulana.

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendistribusikan logistik pemilu ke empat kecamatan menggunakan truk dengan pengawalan pihak kepolisian, Minggu (11/2/2024).

“Hari ini distribusi logistik ke empat kecamatan yakni ke Kecamatan Luhak Nan Duo, Kecamatan Lembah Melintang, Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Talamau,” kata Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan pendistribusian logistik sejak Sabtu (10/2) telah dilakukan dengan mendahulukan kecamatan terjauh karena memiliki daerah terpencil.

Ia mencontohkan di Kecamatan Talamau ada namanya daerah Tombang yang merupakan daerah terpencil yang memiliki kesulitan akses jalan menuju lokasi itu.

Begitu juga di beberapa lokasi di Kecamatan Gunung Tuleh seperti daerah Guo. Terhadap lokasi itu KPU menyiapkan kendaraan sepeda motor trail untuk membawa logistik.

“Untuk saat ini distribusi logistik dari kabupaten menuju kecamatan. Setelah itu baru nanti ke nagari atau desa. Logistik satu hari menjelang pencoblosan sudah berada di tempat pemungutan suara,” katanya.

Pada Sabtu (10/2) pendistribusian logistik dilakukan ke Kecamatan Sungai Beremas, Ranah Batahan, Koto Balingka, Sungai Aur dan Sasak Ranah Pasisie. Sedangkan dua kecamatan lagi dijadwalkan pada Senin (12/2).

Sementara itu Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar mengatakan pihaknya ikut mengawasi pendistribusian logistik hingga ke panitia pemungutan suara.

“Kita mengawasi secara melekat mulai dari kabupaten sampai ke TPS. Kita berharap pendistribusian logistik tepat jadwal dan sampai satu hari menjelang pemungutan suara. Dahulukan daerah jauh,” katanya.

Jumlah TPS yang di Pasaman Barat ada 1.286 dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 296.294 jiwa dengan laki-laki 147.599 jiwa dan perempuan 148.655 jiwa. Tersebar di 11 kecamatan dan 90 nagari atau desa. (rdr/ant)

Exit mobile version