Koto Nan Ompek ingin Anak Nagari jadi Wali Kota Payakumbuh

Sudah 54 tahun mimpi anak Nagari Koto Nan Ompek sebagai pemimpin Kota Payakumbuh belum pernah terwujud.

Warga Koto Nan Ompek, Kota Payakumbuh ingin anak nagari di kawasan tersebut bisa menjadi Wali Kota. (Foto: Dok. Istimewa)

Warga Koto Nan Ompek, Kota Payakumbuh ingin anak nagari di kawasan tersebut bisa menjadi Wali Kota. (Foto: Dok. Istimewa)

PAYAKUMBUH, RADARSUMBAR.COM – Warga Koto Nan Ompek, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) ingin anak nagari di kawasan tersebut bisa menjadi pemimpin atau orang nomor satu (Wali Kota, red).

Pasalnya, sudah 54 tahun mimpi anak Nagari Koto Nan Ompek sebagai pemimpin Kota Payakumbuh belum pernah terwujud.

Apalagi sudah tiga kali pemilihan umum (Pemilu) dilaksanakan secara langsung, putra Koto Nan Ompek untuk menjadi Wali Kota Payakumbuh tak kunjung terealisasikan.

Pada momentum Pilkada 2024 ini, merupakan harapan besar bagi anak Nagari Koto Nan Ompek untuk bisa menjadi orang nomor satu di Kota Payakumbuh.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek, Y Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam sangat mengharapkan seluruh lapisan masyarakat bersatu, tidak terpecah belah lagi dalam mengantarkan putra terbaik menuju kursi Wali Kota Payakumbuh.

Hal tersebut ia sampaikan saat silaturahmi Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang dengan Ompek Jiniah Dalam Nagori Koto Nan Ompek pada Sabtu (11/5/2024) di Balai Adat Nagori Koto Nan Ompek.

Silaturahmi itu dihadiri puluhan tokoh yang terdiri dari niniak mamak, bundo kanduang, cadiak pandai, alim ulama, tokoh masyarakat serta generasi muda Koto Nan Ompek.

Menurut Y Dt Pangulu Rajo Nan Itam, untuk mencapai mimpi itu, sudah seharusnya secara bersama-sama terutama niniak mamak menyampaikan kepada anak kamanakan dalam menggaungkan dan bersatu dalam mendukung putra Koto Nan Ampek di Pilkada nantinya.

“Di Pasukuan Sambilan ada dua nama yang mengapung. Sesuai kesepakatan kami, siapa nantinya elektabilitas yang tinggi, itulah kami dukung bersama. Sudah saatnya kami bersatu. Kalau kami terpecah belah, tidak akan tercapai apa yang diimpikan,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Padang Data Tanah Mati, Rinal. Menurutnya, sudah saatnya anak kamanakan Koto Nan Ompek untuk bersatu, kompak dalam mengantarkan putra terbaik ke kursi Wali Kota Payakumbuh.

“Dari pertemuan ini, mari sama-sama sosialisasikan Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang sebagai Wali Kota Payakumbuh. Ini harus kami memberitahukan ke anak kamanakan, keluarga serta masyarakat di kelurahan masing-masing,” katanya.

Begitupun yang dikatakan perwakilan Bundo Kanduang Koto Nan Ompek, Rina. Ia mengajak bundo kanduang serta seluruh organisasi organisasi di masyarakat bersama-sama mendukung Haji Almaisyar.

“Sudah 54 tahun dan tiga kali pemilu langsung, belum ada anak nagari Koto Nan Ompek, ini merupakan momen bagi kita untuk memutus rekor tersebut,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version