Ini Sosok Pengganti Jasman untuk Pj Wako Payakumbuh

Sesuai kewenangannya, Mendagri bisa melakukan penggantian Pj Kepala Daerah sebelum masa jabatannya berakhir.

Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri, Suprayitno ditunjuk menjadi Pj Wako Payakumbuh menggantikan Jasman. (Foto: Dok. Istimewa)

Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri, Suprayitno ditunjuk menjadi Pj Wako Payakumbuh menggantikan Jasman. (Foto: Dok. Istimewa)

PAYAKUMBUH, RADARSUMBAR.COMPenjabat Wali Kota (Pj Wako) Payakumbuh yang saat ini diemban oleh Jasman dikabarkan akan diganti oleh petinggi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sosok yang disebut-sebut menggantikan Jasman di Kota Payakumbuh adalah Suprayitno. Saat ini, Suprayitno menjabat sebagai Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri.

Suprayitno bukan orang asing di Sumbar. Ia diketahui berasal dari Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

“Kami sudah menerima surat keputusan (SK) Mendagri untuk penggantian Pj Wali Kota Payakumbuh dan perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai,” kata Kepala Biro Pemerintahan (Karo Pem) dan Otonomi Daerah (Otda) Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar), Doni Rahmat Samulo, Jumat (24/5/2024) siang.

Doni mengatakan, pergantian seorang Pj Wali Kota, Bupati hingga Gubernur semuanya ditentukan dan diputuskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

“Sesuai kewenangannya, Mendagri bisa melakukan penggantian Pj Kepala Daerah sebelum masa jabatannya berakhir. Hal yang sama juga pernah diterapkan kepada Pj Wako Sawahlunto, Zefnihan, diganti sebelum waktunya,” katanya.

Jika tak ada aral melintang, Pj Wako Payakumbuh yang baru akan dilantik pada Senin (27/5/2024) menindaklanjuti SK yang sudah keluar dari Kemendagri.

Berbeda dengan Jasman, Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak justru dipertahankan oleh Kemendagri untuk menjadi pemimpin sementara di wilayah kepulauan tersebut. (rdr)

Exit mobile version