Susun APBD-P 2024, Pemko-DPRD Sawahlunto Sepakat Tingkatkan Sinergi

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan saat silahturahmi bersama DPRD Sawahlunto, Kamis. (Antarasumbar/HO-Prokopim Sawahlunto)

SAWAHLUNTO, RADARSUMBAR.COM – Pemko Sawahlunto, Sumatera Barat bersama DPRD kota itu menyepakati untuk lebih meningkatkan sinergi terutama dalam menghadapi penyusunan APBD Perubahan 2024 (APBD-P 2024) dan menindaklanjuti sejumlah aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Jumat menyampaikan peningkatan sinergi itu sangat penting untuk saling mengisi peran dan fungsi di sisi eksekutif maupun sisi legislatif.

“Tadi malam kami menggelar pertemuan silahturahmi bersama pimpinan dan anggota DPRD Kota Sawahlunto. Kebetulan sejak kami dilantik menjadi Pj Wali Kota beberapa waktu yang lalu itu belum sempat berkoordinasi ke pihak DPRD karena disibukkan dengan urusan tanggap darurat bencana dan lain-lain, Alhamdulillah tadi malam silahturahmi bersama yang terhormat bapak dan ibu dewan berlangsung lancar dan penuh saran atau solusi yang bagus,” kata dia.

Ia menyebut selain silahturahmi, juga langsung dibahas secara informal beberapa isu strategis yang perlu ditindaklanjuti sesegera mungkin oleh Pemko Sawahlunto, antara lain seperti penyusunan APBD Perubahan Tahun 2024, solusi menghadapi resiko defisit anggaran dan evaluasi penanganan tanggap darurat bencana banjir longsor di Kecamatan Silungkang.

“Kemudian DPRD juga menyampaikan sejumlah aspirasi dari masyarakat, seperti dari tenaga outsourcing, tenaga kesehatan dan pendidikan. Setelah itu juga terkait pelayanan pemerintah terdepan, dan lain-lain,” katanya.

Pj Wali Kota Fauzan Hasan menyampaikan terima kasih atas aspirasi dan berbagai saran yang disampaikan DPRD.

“Dari persoalan-persoalan yang dibahas tersebut, juga sudah ada beberapa solusi yang diajukan DPRD. Kami apresiasi saran-saran itu, segera perangkat daerah terkait mengkaji secara teknis bagaimana penerapan saran itu, kalau nanti sesuai maka kita sepakati bersama untuk menjalankan saran tersebut,” kata dia.

Ia menyampaikan Pemko terbuka dan siap untuk selalu bersinergi menerima pandangan serta saran-saran dari DPRD agar kebijakan dan program kerja yang dilaksanakan di kota itu menjadi semakin baik.

Sementara Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu mengapresiasi dan berterima kasih atas pertemuan silahturahmi dan diskusi membahas sejumlah aspirasi tersebut.

“Ini langkah yang baik dan bagus sehingga ada persoalan itu kita duduk bersama saling menjelaskan saling membahas apa yang baik menjadi solusi. Kami berpesan supaya sinergi seperti ini bisa dipertahankan Pemko, apa pun kebijakan dan pekerjaan untuk Sawahlunto itu mari kita bersama-sama kita musyawarahkan dulu apa kelebihan dan kekurangannya sehingga saat dikerjakan lebih lancar dan lebih bagus,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version