Hasilkan Data Berkualitas, Pemkab Solsel Susun Daerah Dalam Angka 2023

Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan Firdaus Firman. (ANTARA)

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat mulai menyusun Daerah Dalam Angka tahun 2023 dengan target Februari tahun ini selesai.

“Daerah Dalam Angka ini dilakukan untuk memperkaya data. Data ini merupakan dasar dari seluruh perencanaan pemerintah sehingga sasaran dan tujuan pembangunan yang dilakukan bisa tepat sasaran,” kata Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan Firdaus Firman di Padang Aro, Kamis.

Ia mengatakan penyusunan Daerah Dalam Angka ini setiap tahun dilakukan dan sudah ada indikator yang akan dimuat, namun perlu dimutakhirkan. Diskominfo Solok Selatan akan berkoordinasi dengan BPS dan Badang Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solok Selatan dalam menyusun Daerah Dalam Angka ini.

“Koordinasi dalam pemutakhiran data ini dilakukan bersama dengan produsen data, yakni seluruh OPD yang ada, sehingga proses input data nantinya tidak berulang kali dilakukan. Selain itu, proses ini juga untuk menghindari adanya data yang tumpang tindih,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Statistika dan Persandian Diskominfo Solok Selatan Wesi Marsal menyebutkan tiga instansi tersebut akan mengadakan rapat bersama produsen data untuk menyusun daftar data yang akan masuk Daerah Dalam Data.

“Hasilnya nanti akan ditetapkan melalui forum data untuk menjadi daftar data statistik Solok Selatan. Tujuan penyusunan data tersebut adalah untuk mendapatkan data yang bermutu dan berkualitas,” katanya.

Ia menerangkan, data statistik sektoral berperan penting dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Penyusunan Daerah Dalam Angka ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Satu Data Solok Selatan. Untuk itu diperlukan komitmen kepala daerah dan dukungan serta kolaborasi antar-instansi. “Diharapkan dengan berjalannya kegiatan ini maka penyusunan Daerah Dalam Angka dapat diselesaikan tepat waktu dan menghasilkan data yang berkualitas,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version