Pemkab Solsel Terima Bantuan KUR Pertanian Senilai Rp50 Miliar

Bupati Solok Selatan Khairunas bersama Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengunjungi stand Kabupaten di lokasi Penas Petani dan Nelayan. Antara/HO/Kominfo

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menerima bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sebesar Rp50 miliar dan sejumlah unit pengolah hasil pertanian saat Pekan Nasional (Penas) XVI petani dan nelayan.

“Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk perkembangan pertanian di Kabupaten itu,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Minggu.

Bantuan KUR pertanian diterima oleh Bupati Solok Selatan Khairunas secara simbolis pada pembukaan Penas, di Padang, Sabtu (10/6/2023).

Ia berharap, perwakilan petani Solok Selatan yang menghadiri “Penas” ini memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang berharga sehingga dapat disebarluaskan kepada petani.

Perwakilan Solok Selatan diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan serta ilmu tentang pertanian sehingga bisa mengimementasikannya terhadap lertaniam didaerah supaya lebih baik lagi demi kesejahteraan petani.

Penas merupakan bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pameran pembangunan pertanian dan Solok Selatan menghadirkan sebanyak 50 orang petani.

Pameran pertanian yang ditampilkan seperti komoditas pertanian yang dikemas secara epik, pemutaran video program dan capaian, hingga coffee corner lengkap dengan barista juga unjuk rasa untuk berbagai komoditas.

Selain itu juga ada penampilan permainan dengan alat mesin pertanian yang disajikan secara tiga dimensi atau 3D.

Penas tani dan nelayan ini dimulai sejak Sabtu (10/6/2023) hingga 15 Juni 2023 dan secara resmi telah dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto secara daring. (rdr/ant)

Exit mobile version