Pemkab Solok Selatan Validasi Dokumen Inovasi Perangkat Daerah Tahun 2022

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi. Antara/Erik

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan validasi sekaligus verifikasi terhadap dokumen pelaksanaan inovasi perangkat daerah Tahun 2022.

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi, di Padang Aro, Rabu, mengatakan, seluruh perangkat daerah terutama Kepala Dinas untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kreatifitas, berkarya, melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru.

“Pembaharuan atau inovasi daerah pada hakikatnya untuk mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan publik agar dapat dilaksanakan secara optimal dalam upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hal tersebut tentunya untuk mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. Inovasi harus dijadikan salah satu budaya kerja dalam organisasi perangkat daerah.

Ia berpesan agar pelaksanaan Inovasi daerah dilakukan secara konkret, update dan berkelanjutan.

“Inovasi adalah pembaharuan, maka dengan Inovasi harus dapat memberikan dampak lebih terhadap peningkatan efisiensi waktu, biaya dan tenaga, serta dapat mengoptimalkan fungsi pelayanan dan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan,” katanya.

Pemkab Solok Selatan juga melakukan penguatan terhadap pemahaman kepada perangkat daerah mengenai Inovasi yang akan dilakukan pada tahun 2023 beserta kesiapan dokumennya.

Capaian Indek Inovasi Daerah Kabupaten Solok Selatan yang terus mengalami peningkatan yaitu dari kondisi tidak inovatif pada tahun 2020 menjadi kurang inovatif pada tahun 2021 dan inovatif pada tahun 2022 dengan skor 53.14.

Atas capaian di 2022 tersebut, Solok Selatan berada pada peringkat 114 dari 415 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Berdasarkan SK Bupati Solok Selatan Nomor 050.350-2022 tentang Penetapan Nama – Nama Inovasi Daerah Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022. Beberapa dari inovasi tersebut telah diselesaikan penginputannya dalam website: indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id. (rdr/ant)

Exit mobile version