KPU Solsel Sudah Terima Logistik Pemilu 2024

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli menyerahkan berita acara penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada perwakilan salah satu partai peserta pemilu. Antara/Erik

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sudah menerima logistik Pemilu 2024 dari KPU Provinsi berupa kotak suara, bilik suara dan segel.

“Semua logistik yang datang sudah dicek dan ada beberapa yang kurang dan rusak dan semuanya disimpan di gudang KPU,” kata Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli, di Padang Aro, Senin.

Dia menyebutkan, kotak suara yang diterima KPU Solok Selatan sudah sesuai kebutuhan yaitu sebanyak 3.009 dan setelah dilakukan inventarisasi hasil penyortiran dan penghitungan ditemukan rusak 24 kotak sehingga ada kekurangan.

Sedangkan untuk bilik suara katanya, yang tiba juga sesuai kebutuhan sebanyak 2.396 buah dan setelah disortir ditemukan lima buah rusak.

“Kekurangan logistik akibat rusak tersebut kami laporkan ke Provinsi untuk di tambah,” ujarnya.

Sedangkan segel yang sudah datang juga sesuai kebutuhan yaitu 57.625 keping dan semua dalam keadaan baik.

Terkait surat suara katanya, KPU Solok Selatan masih menunggu instruksi dari KPU Provinsi.

KPU Solok Selatan sendiri sudah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD pada 4 November 2023 setelah dilakukan pencermatan.

Setelah penetapan DCT maka tahapan selanjutnya masuk tahap kampanye dimulai 28 November hingga tiga hari menjelang pemilihan.

Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri mengatakan, kampanye legislatif baru boleh dilakukan 25 hari setelah penetapan DCT.

“Kami mengimbau Parpol beserta calon yang sudah ditetapkan tidak memasang alat peraga kampanye sampai masa kampanye dimulai,” ujarnya.

Bagi yang sudah terlanjur memasang diimbau agar membukanya terlebih dahulu sebab sekarang belum masuk tahap kampanye. (rdr/ant)

Exit mobile version