Rumah Tahfidz Bertumbuh Pesat, Pemkab Solok Selatan Apresiasi Peran Masyarakat

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi menyalami dan memberikan semngat kepada anak-anak yang akan mengikuti lomba tahfiz Quran. Antara/HO/Kominfo

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengapresiasi cepatnya pertumbuhan rumah tahfidz di daerah itu yang didirikan oleh masyarakat, baik secara mandiri maupun donasi dari berbagai pihak.

“Saat ini 275 jorong di Solok Selatan sudah memiliki Rumah Tahfidz binaan pemerintah dan di luar itu juga terdapat 105 Rumah Tahfidz yang didirikan secara mandiri,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas saat pembukaan lomba tahfidz Quran si Sungai Pagu, di Padang Aro, Minggu.

Keberadaan Rumah Tahfidz ini katanya, berawal dari program pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber daya manusia melalui Program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz Quran.

Program ini bertujuan untuk menciptakan generasi Solok Selatan yang berakhlak yang tidak hanya sebagai penghafal Alquran saja, namun mampu mengamalkannya di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, untuk mempersiapkan generasi masa depan merupakan tanggungjawab bersama tidak hanya pemerintah, namun juga seluruh elemen masyarakat.

Kepada para peserta lomba tahfidz, Khairunas berbangga dengan kepesertaannya. Dia menyebut bahwa seluruh peserta yang terlibat merupakan orang-orang hebat dan orang-orang pilihan.

“Persembahkan yang terbaik untuk Keluarga dan Nagari kalian masing-masing, menang ataupun kalah itu hal biasa, yang penting keberanian dan pengalaman sudah kalian dapatkan,” katanya.

Adapun peserta dari Lomba Tahfidz ini merupakan anak-anak berusia maksimal 15 tahun. Terdapat 30 peserta yang ikut dalam lomba tersebut dan berasal dari seluruh nagari se-Sungai Pagu. Dalam perlombaan ini, seluruh peserta akan menampilkan hapalannya untuk juz 30. (rdr/ant)

Exit mobile version