Stabilkan Harga Pangan, Pemkab Solok Selatan Gelar Operasi Pasar

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Sekretaris Daerah Syamsurizaldi meninjau operasi pasar di Kecamatan Payah Duo guna menstabilkan harga kebutuhan pokok dan mencegah inflasi di Sumbar. (Antara)

PADANGARO, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat melakukan operasi reguler dan khusus sebagai langkah antisipasi mencegah tingginya angka inflasi di Sumbar sekaligus menjaga stabilitas harga sekaligus menyalurkan bantuan beras tahap III.

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Selasa mengatakan bantuan pangan beras dan operasi pasar murah ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah pada masyarakat dalam rangka mengantisipasi meningkatnya berbagai kebutuhan pokok.

“Kami berharap bantuan ini betul-betul dapat meringankan beban masyarakat penerima bantuan dalam memenuhi kebutuhan pokok, terutama saat harga kebutuhan pokok melonjak,” katanya.

kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan Akmal Hamdi mengatakan, sebagai upaya menjaga stabilitas harga kami bekerjasama dengan daerah tetangga dan Bulog dalam operasi pasar.

Hal ini katanya juga sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Sumbar Nomor 510/434/Perindag/VII-2024 Tentang langkah-langkah antisipasi mencegah tingginya angka inflasi di Sumbar.

Untuk paket operasi pasar merupakan komoditi yang sering harganya meningkat, diantaranya beras, minyak goreng, gula dan telor.

Operasi pasar katanya, dilaksanakan dalam dua tahap, yang pertama dilaksanakan pada Maret 2024 saat jelang Idul Fitri sejumlah 300 paket, dan lanjutan tahap kedua sebanyak 450 paket.

Menurutnya, dihari yang sama juga dilakukan kegiatan di dua kecamatan, pertama di Kecamatan Pauh Duo dan kedua di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Camat Pauh Duo Aiq Wadenko menyebutkan, penerima bantuan pangan beras sebanyak 1.458 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan jumlah operasi pasar murah yang disalurkan sebanyak 450 paket.

Adapun paket saat operasi pasar murah saat itu berisikan tiga kilogram beras, dua liter minyak kemasan, satu kilogram gula kemasan dan satu tray telor.

Sesuai peruntukan yang memperoleh kesempatan untuk bisa membeli operasi pasar murah adalah rumah tangga miskin dan yang sudah tergabung sebagai peserta BPJS kesehatan.

Adapun peruntukan untuk empat nagari yang ada di kecamatan tersebut, diantaranya Alam Pauh Duo 604 paket, Kapau Alam Pauh Duo 329 paket, Luak Kapau Alam Pauh Duo 247 paket dan Nagari Pauh Duo Nan Batigo sebanyak 251 paket. (rdr/ant)

Exit mobile version