Wujudkan Generasi Unggul dan Sehat, Dinkes Solok Optimalkan Imunisasi Anak Sekolah

Dinkes Kota Solok optimalkan program BIAS wujudkan generasi unggul-sehat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

SOLOK, RADARSUMBAR.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solok, Sumatera Barat mengoptimalkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) untuk mewujudkan generasi muda yang unggul secara pendidikan dan sehat secara kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr Elvi Rosanti di Solok, Senin mengatakan pelaksanaan BIAS dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Agustus untuk Imunisasi MR dan HPV serta bulan November untuk imunisasi DT dan Td.

“Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap,” ujar dia.

Imunisasi anak sekolah bertujuan untuk meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit campak, rubela, tetanus, difteri, dan memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit kanker leher rahim, serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit campak, rubela, tetanus, difteri dan kanker leher rahim.

Bagi sasaran yang tidak sekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Imunisasi juga dapat dilaksanakan di pos pelayanan imunisasi pada tempat-tempat di mana anak yang tidak sekolah berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, yayasan/panti asuhan, lembaga kesejahteraan sosial, panti sosial yang dikelola pemerintah maupun masyarakat, sekolah non formal, balai pemasyarakatan, dan sebagainya.

Menurutnya program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaannya serentak di Indonesia dengan nama Bulan Imunisasi Anak Sekolah.

Sasaran pelaksanaan BIAS adalah untuk anak kelas satu, dua, lima, dan enam. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT untuk mencegah penyakit tetanus, difteri, campak dan rubella.

Murid kelas dua dan lima akan mendapatkan imunisasi Td untuk mencegah tetanus. Murid perempuan kelas lima dan enam akan mendapatkan imunisasi HPV untuk mencegah penyakit kanker leher rahim.

Selain itu, agar pelaksanaan BIAS dapat berjalan dengan lancar maka Dinkes Solok menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Solok di SD Negeri 19 Tanah Garam Kota Solok.

Bulan Imunisasi Anak Sekolah adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok sebagai pihak pertama, Kepala Dinas Pendidikan Irsyad sebagai pihak kedua, dan Kepala KanKemenag Mustafa sebagai pihak ketiga.

Kepala Puskesmas se-Kota Solok dan Kepala SD se-Kota Solok, serta beberapa Staf Dinas Kesehatan Kota Solok juga ikut mendampingi penandatanganan perjanjian kerja sama. (rdr/ant)

Exit mobile version