Pemko Solok Ajak Lulusan SMA Ikuti Program Beasiswa Kuliah ke Timur Tengah

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat memberikan kata sambutan (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

SOLOK, RADARSUMBAR.COM – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Sumatera Barat Ramadhani Kirana Putra mengajak seluruh siswa lulusan SMA di kota itu agar melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.

“Kami mengajak adik-adik yang tamat Madrasah Aliyah (MA), SMA atau tamatan Pondok Pesantren, khususnya warga Kota Solok agar mengikuti program beasiswa kuliah ke Timur Tengah,” kata Ramadhani di Solok, Sabtu.

Ia menyebutkan pada tahun 2022, Pemkot Solok mengirimkan sembilan orang siswa lulusan Madrasah Aliyah untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah melalui program beasiswa dari pemerintah daerah setempat.

“Sembilan siswa yang berhasil melanjutkan studi tersebut, di antaranya saat ini ada yang kuliah di Universitas Al Azhar Kairo dan Universitas Alquran di Yaman,” kata dia.

Pemerintah Kota Solok menggagas program bantuan studi kuliah bagi generasi muda yang tertarik untuk menimba ilmu ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.

Program bantuan studi ke Timur Tengah yang digagas oleh Pemkot Solok pada akhir tahun 2021, bekerja sama dengan RuwaqID.

Bantuan tersebut ditujukan bagi pemuda dan santri pondok pesantren yang berasal dari Kota Solok.

Selain itu, program Pemkot Solok yang bertujuan untuk memfasilitasi kuliah di perguruan tinggi Timur Tengah ini tidak terlepas dari keinginan pemerintah daerah untuk mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah yang Berkah, Maju, dan Sejahtera (Berjuara), khususnya di bidang pendidikan.

Pemerintah daerah setempat menginginkan agar generasi muda menimba ilmu ke Timur Tengah dan nantinya dibawa ke Kota Solok untuk menghidupkan syiar agama Islam.

Selain itu, salah seorang mahasiswa penerima beasiswa Timur Tengah yang berkuliah di Universitas Al Azhar Mesir Hazanul Fajri juga mengajak siswa SMA yang sudah tamat di Kota Solok untuk mengikuti langkahnya, melanjutkan studi ke Timur Tengah.

“Mari kita bersama-sama berjuang di sini, menuntut ilmu di negeri para nabi, dan nantinya kita pulang bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan menciptakan semboyan Kota Solok kota beras serambi Madinah,” ucap dia. (rdr/ant)

Exit mobile version