Tahun ini, 310 Pegawai Negeri Sipil di Tanahdatar Memasuki Masa Pensiun

Banyak PNS di Tanahdatar akan segera Pensiun.

TANAHDATAR, RADARSUMBAR.COM-Sebanyak 310 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan memasuki masa pensiun pada tahun ini.

“Dari 310 PNS yang pensiu itu terdiri dari 292 orang sesuai Batas Usia Pensiun (BUP), dua orang pensiun atas permintaan sendiri, dan pensiun janda atau duda sebanyak 16 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSM) Tanah Datar Jasrinaldi di Batusangkar Senin.

Pegawai yang memasuki usia pensiun didominasi dari kalangan guru, bahkan untuk tahun depan terdapat 253 lagi yang akan pensiun.

“Tahun 2022 dan 2023 menjadi tahun di mana guru-guru kita banyak yang akan pensiun. Pada 2022 akan ada 253 PNS lagi yang akan pensiun dan umumnya dari guru, ini memang menjadi permasalahan, tenaga guru kita semakin berkurang,” katanya.

Pemkab Tanah Datar mendapat tambahan 143 guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada penerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

Selain itu, Pemkab Tanah Datar juga membuka kesempatan untuk 39 orang putra putri terbaik menjadi CPNS dengan alokasi satu orang untuk formasi khusus penyandang disabilitas dan 38 orang lainnya adalah formasi umum.

Ia berharap mudah-mudahan dengan tambahan tenaga guru tersebut secara bertahap akan memenuhi jumlah guru yang dibutuhkan di Kabupaten Tanah Datar.

Sebelumnya Bupati Eka Putra berpesan dengan selesai atau berakhirnya masa kedinasan, PNS yang purna tugas untuk tidak menghentikan semangat dan jiwa pengabdiannya untuk daerah dan lingkungan.

Berikan motivasi kepada anak-anak untuk giat belajar dan menjaga diri demi masa depan yang lebih baik, apalagi ancaman narkoba dan perilaku menyimpang yang semakin mengkhawatirkan.

“Khusus kepada guru-guru yang pensiun, terima kasih atas jasa-jasanya membangun generasi Tanah Datar, tetap menjadi pelopor di tengah masyarakat. Berikan motivasi kepada anak-anak untuk giat belajar dan menjaga diri demi masa depan yang lebih baik,” katanya. (ant)

Exit mobile version