Truk Hantam sejumlah Kendaraan dan Pabrik Batako di Tanahdatar, 1 Orang Tewas

Truk juga menabrak rumah tempat percetakan bahan bangunan batako

Kecelakaan beruntun di kawasan Panyalaian X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu (9/4/2023) siang. (Foto: Dok. Polres Padangpanjang)

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Kecelakaan kembali terjadi di kawasan Bintungan Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu (9/4/2023) siang.

Dalam peristiwa itu, truk menghantam sejumlah kendaraan dan pabrik batako yang berada di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Tidak sampai di sana, satu orang dilaporkan juga meninggal dalam kejadian nahas pada Minggu siang tersebut.

“Kejadian berawal di saat truk yang datang dari arah Bukittinggi menuju Padang mengalami rem blong di turunan tajam jalanan,” kata Kasat Lantas Polres Padangpanjang, Iptu Aldy Lazzuardy Septiawan via keterangan tertulis.

Aldy menjelaskan, truk dengan nomor polisi (nopol) B 9178 DU mengalami rem blong sehingga menyebabkan hilang kendali (out of control).

Akibatnya truk menabrak beberapa kendaraan di depannya seperti Minibus Toyota Kijang BA 1828 PE, Minibus Daihatsu Xenia BA 1098 FM, Motor B 3344 CLZ, Minibus Suzuki Carry BA 1482 NF, Toyota Kijang pikap tanpa nopol, Toyota Kijang Super BA 1739 EN dan Motor BA 3646 YA.

“Truk juga menabrak rumah tempat percetakan bahan bangunan batako, kemudian truk juga menabrak pejalan kaki sebanyak empat orang,” ujar Kasat Lantas.

Rincinya, kata Aldy, sebanyak lima unit kendaraan dan satu bangunan percetakan batako.

“Peristiwa ini juga menyebabkan 15 orang menjadi korban, satu di antaranya meninggal dunia, 13 luka ringan dan satu orang luka berat,” katanya.

Saat ini petugas kepolisian masih berada di TKP dan memproses evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan serta melakukan pendataan terhadap para korban kecelakaan yang masih di rawat di rumah sakit setempat.

“Untuk korban kecelakaan telah dibawa ke RSUD Kota Padangpanjang dan RS Ibnu Sina Yarsi Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara satu orang korban dirujuk ke RSUP M Jamil Padang karena luka yang dialami cukup serius,” tutur Aldy. (rdr-008)

Exit mobile version