Tak Punya Uang Bayar Biaya Persalinan, Ibu Muda di Tanahdatar Ini Butuh Uluran Tangan

Ayu, ibu muda di Tanahdatar ini membutuhkan uang untuk membayar biaya persalinannya. (Foto: Dok. Istimewa)

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Seorang ibu muda bernama Ayu (31) membutuhkan bantuan untuk membayar biaya bersalin di RSIA Sayang Ibu Batusangkar. Biaya sebesar Rp8 juta harus ia bayar usai menjalani persalinan secara caesar.

Ayu merupakan warga Jorong Kotogadang, Nagari Pangian, Kecamatan Lintaubuo, Kabupaten Tanahdatar. Ia baru saja melahirkan anak ketiga.

Informasi yang didapat Radarumbar.com, awalnya Ayu datang ke RSIA Sayang Ibu pada 22 Mei 2023 untuk melaksanakan USG. USG ini atas saran bidan di kampungnya.

Setelah di USG dan diperiksa dokter, kandungan Ayu ternyata sudah lewat bulan. Ditambah lagi Ayu mengalami HB rendah. Karena kondisi tersebut, Ayu disarankan untuk menjalani tindakan operasi caesar secepatnya.

Lalu pada 24 Mei 2023 dilakukanlah tindakan operasi caesar. Prosesnya berjalan lancar dan Ayu melahirkan anak ketiganya dengan sehat. Sebelum pulang, Ayu diminta melunasi biaya persalinan sebesar Rp8 juta.

Belakangan diketahui, proses persalinan itu tak ditanggung BPJS. Ternyata Ayu belum terdaftar dalam program JKN tersebut. Usai melahirkan, BPJS Ayu baru diurus. Baru akan aktif pada 1 Juni 2023 mendatang. Sementara biaya Rp8 juta menanti untuk dilunasi.

Ditambah lagi, Pemkab Tanahdatar melalui program BTT Dinkes Tanahdatar dan Baznas juga tak bisa membantu melunasi biaya tersebut, alasannya Ayu melahirkan di rumah sakit swasta.

Kini Ayu berharap uluran tangan para dermawan untuk melunasi tagihan biaya persalinan anaknya tersebut. Semoga ada jalan. (rdr)

Exit mobile version