Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkab Tanahdatar Dorong Pokdarwis Maksimalkan Potensi Nagari

Bupati Tanahdatar Eka Putra (Antara/Etri Saputra).

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Bupati Tanahdatar, Sumatera Barat Eka Putra mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di daerah itu untuk aktif dalam memaksimalkan potensi di nagari guna meningkatkan kunjungan wisata datang ke kabupaten itu.

“Pokdarwis harus terus berupaya mempromosikan potensi di nagari masing-masing, jangan pernah lelah dengan semangat memajukan nagari,” kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Minggu.

Dia mengatakan, Pemkab Tanahdatar melalui Dinas Pariwisata akan terus berupaya untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah melalui program unggulan satu nagari satu event yang hampir dilaksanakan setiap pekannya.

“Alhamdulillah hingga April lalu sudah tercatat 7.000 lebih pengunjung yang telah hadir di Kabupaten Tanahdatar,” kata dia.

Bupati mengatakan selama 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Tanahdatar menargetkan sebanyak 2 juta pengunjung untuk datang ke Tanahdatar.

Untuk itu diharapkan peran serta dan dukungan dari Pokdarwis di nagari dengan merangkul lembaga unsur yang ada di nagari, bahkan perantau.

“Lakukan dengan niat tulus dan ikhlas dengan tujuan memajukan dengan menggali potensi nagari, baik itu keindahan alam, kesenian, kuliner khas dan lainnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Tanahdatar, mengatakan dalam rangka penguatan pengelolaan desa wisata dan memajukan destinasi wisata di nagari, Dinas Pariwisata juga telah memberikan pelatihan kepada Pokdarwis nagari. (rdr/ant)

Exit mobile version