SD di Tanahdatar Ini Inisiasi Gerakan Subuh berjamaah, Bupati: Bisa jadi Inspirasi Sekolah lain

Sekolah Dasar di Tanah Datar biasakan siswanya laksanakan sholat subuh berjamaah (Antara/HO)

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanahdatar menginisiasi Gerakan Subuh Berjamaah yang diikuti siswa, guru, komite sekolah dan masyarakat di daerah itu.

Kepala Sekolah SD 03 Pasie Laweh Nilma di Batusangkar Senin, mengatakan gerakan subuh berjamaah tersebut bertujuan menggerakkan para siswa untuk belajar hafiz Al-Qur’an dan shalat subuh berjamaah serta turut membantu program unggulan daerah satu rumah satu hafiz.

“Gerakan subuh berjamaah juga dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang taat dan berakhlak dalam menyonsong Indonesia emas pada tahun 2045 yang dimulai dari Sekolah Dasar, dan dilaksanakan dua kali dalam sebulan,” katanya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Gerakan Subuh Berjamaah yang digagasnya.

“Terimakasih kepada semua pihak, kepada jajaran guru, komite, dan juga masyarakat yang telah mendukung gerak subuh berjamaah ini,” ujarnya

Dia menyebut, adapun jumlah siswa SD Negeri 03 Pasie Laweh saat ini berjumlah sebanyak 118 orang, guru dengan status pegawai negeri sipil lima orang, guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja satu orang dan guru honorer sebanyak tiga orang.

Bupati Tanahdatar Eka Putra mengatakan, gerakan subuh berjamaah yang diinisiasi Sekolah Dasar 03 Pasie Laweh bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam membentuk karakter serta dalam menjalankan perintah Allah dimulai dari usia dini.

Untuk itu, kegiatan tersebut perlu didukung oleh orang tua siswa, para guru, komite sekolah dan juga masyarakat.

“Tanpa adanya dukungan dan suri teladan yang baik dari berbagai komponen masyarakat terutama orang tua, upaya ini tidak akan pernah berhasil,” kata dia.

Dia menyebut, tantangan generasi muda dimasa depan semakin berat, oleh karena itu menjadi tugas bersama untuk memberikan bekal kepada anak dan kemenakan dimasa depan. (rdr/ant)

Exit mobile version