Tampilan Teks WhatsApp yang Sederhana Bisa Diedit jadi Lebih Menarik, Ini 7 Caranya

Ilustrasi WhatsApp. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Tampilan teks pada pesan WhatsApp yang sederhana bisa diedit menjadi lebih menarik. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba pengguna untuk mengkreasikan font pada pesan yang dikirimkan.

Berikut 7 cara edit tulisan di WhatsApp jadi lebih keren dan estetik.

Cara ini bisa Anda terapkan jika bosan dengan tampilan teks yang standar atau untuk keperluan tertentu. Anda bisa mengganti karakter tulisan mulai dari tebal, miring, terbalik, hingga mengganti jenis font-nya.

Tak hanya dapat dilakukan di aplikasi ponsel, cara ganti gaya tulisan ini juga bisa diterapkan di WhatsApp Web. Simak caranya.

1. Membuat Tulisan Miring (Italic)

Untuk memberikan efek tulisan bercetak miring, tambahkan garis bawah atau underscore (_) di awal dan akhir tulisan. Contoh: _Miring_

2. Membuat Tulisan Tebal (Bold)

Fitur bold dapat mengubah font WhatsApp menjadi tebal. Biasanya, efek bold dimaksudkan menekankan kata atau kalimat penting dari sebuah pesan.

Untuk membuat teks menjadi bold, tambahkan tanda asterik (*) di awal dan akhir pesan. Contoh: *Tebal*

3. Membuat Tulisan Tercoret (Strikethrough)

Efek coret dapat digunakan untuk mengoreksi kesalahan pesan yang terkirim. Agar memberikan efek tulisan tercoret, tambahkan tanda tilde (~) di awal dan akhir tulisan. Contoh: ~Coret~

4. Membuat Kombinasi Tulisan Miring, Tebal, dan Tercoret

Ketiga cara di atas dapat Anda kombinasikan sehingga tulisan yang hendak dikirim menjadi tebal, miring, dan tercoret. Contoh: *_~Kombinasi~_*

5. Membuat Karakter Blok (Monospace)

Cara edit tulisan di Whatsapp selanjutnya dengan membuat karakter monospace. Monospace adalah karakter font blok serupa dengan mesin ketik.

Cara mengubah font WhatsApp tanpa aplikasi dengan karakter monospace ini, cukup tambahkan tanda backtick (`) sebanyak tiga kali di awal dan akhir tulisan. Contoh: “`Ketik“`

Penerapan simbol-simbol di atas hanya berlaku untuk satu paragraf. Jika paragraf lain ingin diberikan aksen khusus, Anda harus menerapkan simbol tersebut di setiap di paragraf baru.

6. Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp

Cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Upside Down (Flip Text).

– Unduh aplikasi Upside Down terlebih dahulu di ponsel
– Buka aplikasi tersebut, lalu tuliskan kata maupun kalimat yang ingin Anda balik di kolom paling atas atau yang paling pertama
– Selanjutnya, teks terbalik akan muncul di kolom kedua. Salin teks tersebut
– Buka WhatsApp lalu tempel ke kolom pesan di grup maupun chat pribadi
– Klik enter atau tekan simbol kirim. Pesan terbalik pun terkirim.

7. Mengubah Font WhatsApp

Untuk mengganti jenis font yang lebih beragam layaknya pilihan pada Microsoft Word, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi tambahan yang ada di PlayStore, seperti TextArt, Stylish Text, iFont, Better Font, dan Stylish Fonts.

Cara menggunakan aplikasi di atas secara umum hampir mirip, berikut tahapannya:

– Unduh dan instal aplikasi pilihan Anda di smartphone
– Buka aplikasi, ketikkan teks ke dalam kolom yang disediakan
– Pilih jenis font yang diinginkan, serta atur warna font, warna background, warna outline, dan sebagainya
– Kemudian simpan dan share lewat ikon WhatsApp.
– Aplikasi pengganti font ini tak hanya menyediakan puluhan hingga ratusan bentuk font, tapi juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi font dengan aneka warna sehingga chatting di WhatsApp jadi lucu dan menarik.

Demikian cara cara edit tulisan di Whatsapp jadi lebih keren dengan dan tanpa aplikasi yang dapat dicoba di HP masing-masing. (rdr/cnnindonesia.com)

Exit mobile version