Data Center Google Alami Ledakan, Layanan di Berbagai Negara Down

Ilustrasi kantor pusat google. (net)

Ilustrasi kantor pusat google. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Sebuah insiden terjadi di data center Google yang berlokasi di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat, dan ada tiga teknisi kelistrikan yang terluka akibat insiden tersebut.

Dilansir Sfgate, Selasa (9/8/2022), menurut kepolisian Council Bluffs, insiden tersebut adalah sebuah ledakan arc flash yang disebabkan listrik, yang terjadi pada Senin (8/8/2022) pukul 12 siang waktu setempat.

Ada tiga teknisi yang terluka itu tengah melakukan perbaikan di dekat bangunan data center. Saat proses perbaikan itulah kemudian terjadi ledakan arc flash, yang menyebabkan luka bakar yang cukup parah pada ketiga teknisi tersebut.

Salah satu dari tiga korban itu kemudian diterbangkan menggunakan helikopter ke Nebraska Medical Center, sementara dua teknisi lainnya dibawa menggunakan ambulans. Menurut kepolisian Council Bluffs, ketiga teknisi tersebut dalam kondisi sadar saat dibawa ke Nebraska Medical Center.

Juru bicara Google Devon Smiley mengkonfirmasi insiden tersebut kepada Sfgate. “Kami mengetahui adanya insiden kelistrikan yang terjadi di data center Google di Council bluffs, Iowa, yang mencederai tiga orang di lokasi yang saat ini tengah mendapat perawatan medis,” jelasnya.

“Kesehatan dan keamanan untuk pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan rekan dan pihak berwajib lokal untuk menginvestigasi kejadian ini,” tambah Smiley.

Google saat ini mempunyai 14 data center di Amerika Serikat, dan secara global mereka punya 23 data center. Data center di Council Bluffs ini merupakan salah satu data center terbesar Google, dan pertama beroperasi pada 2009.

Belum diketahui apakah kejadian di data center ini berhubungan dengan down-nya layanan Google pada Selasa (9/8/2022) pagi ini. Sejumlah netizen mengeluhkan tak bisa melakukan pencarian di laman Google Search, baik di desktop ataupun mobile. Google belum memberikan pernyataan resmi seperti dilansir Reuters.

Down-nya layanan Google ini tak cuma terjadi di Indonesia, melainkan juga dialami oleh pengguna di berbagai negara. Pantauan detikINET di situs Downdetector memperlihatkan adanya masalah pada layanan Google. Laporan mulai ramai masuk pada pukul 08.00 WIB. (rdr/detik.com)

Exit mobile version