Kalahkan Samsung dan Apple, Xiaomi Rajai Penjualan Smartphone

Penjualan Xiaomi tumbuh 26 persen MoM (month-on-month) pada Juni 2021

Ilustrasi Kantor Xiaomi(gizmochina.com)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Xiaomi resmi menjadi pemimpin vendor smartphone global dalam hal volume penjualan pada Juni 2021. Raksasa teknologi China itu melampaui saingan beratnya, Samsung dan Apple.

Menurut Counterporint Research, Xiaomi berhasil menguasai 17,1 persen dari semua penjualan smartphone selama enam bulan pertama tahun ini, melampaui pangsa 15,7 persen milik Samsung dan 14,3 persen milik Apple.

Penjualan Xiaomi tumbuh 26 persen MoM (month-on-month) pada Juni 2021, sehingga menjadikannya merek dengan pertumbuhan tercepat untuk bulan tersebut. Mereka juga merupakan merek nomor dua secara global untuk Q2 2021 dalam hal penjualan.

Hampir sepuluh tahun sejak meluncurkan smartphone pertamanya, Xiaomi dikatakan telah melampaui angka 800 juta pengiriman smartphone, menurut laman GSM Arena, Senin, 9 Agustus 2021.

“Sejak penurunan Huawei dimulai, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah yang diciptakan oleh penurunan ini. OEM telah berkembang di pasar warisan Huawei dan Honor, seperti China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika,” kata Analis Counterporint Research, Tarun Pathak.

Xiaomi juga merupakan OEM dengan pertumbuhan tercepat di China berkat ponsel Redmi 9, seri Note 9, dan Redmi K-series. Pada bulan Juni, Xiaomi terbantu oleh pemulihan China, Eropa dan India dan penurunan Samsung karena kendala pasokan di Vietnam.

Gelombang baru pandemi COVID-19 di Vietnam telah mengganggu produksi Samsung pada Juni tahun ini yang mengakibatkan raksasa teknologi Korea Selatan itu menghadapi kekurangan di seluruh saluran. (*)

Sumber: viva.co.id
Exit mobile version