Anda Ingin Bernyanyi Tapi hanya Ingat Nadanya? Ini Solusinya

Fitur yang bisa membantu kalian dalam menemukan lagu hanya dengan cara menyenandungkan melodi.

ilustrasi google hum

ilustrasi google hum

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Kalian sering ingin bernyanyi dengan enak tapi lupa lirik atau bahkan judulnya, melainkan hanya ingat nadanya saja? Kalian harus tahu fitur Google yang satu ini.

Fitur ini yang bisa membantu kalian dalam menemukan lagu hanya dengan cara menyenandungkan melodi dan bisa bernyanyi setelah itu.

Google Hum adalah sebuah fitur yang dirilis Google di tahun 2020. Fitur ini memungkinkan kalian menemukan lagu yang pernah kalian dengarkan sebelumnya, tapi kalian hanya ingat nada atau melodinya.

Ketika kalian bersenandung dan hanya ingat beberapa potongan lirik, nantinya Google akan mengolah informasi tersebut menggunakan metode machine learning.

“Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat,” dikutip dari laman resmi Google, Kamis (27/10/2022).

Ketika menggunakan fitur ‘Hum to Search’ dari Google, nantinya kalian akan diberikan informasi terkait lagu tersebut. Informasi tersebut berupa judul, penyanyi, album, lirik serta rincian dari lagu yang disenandungkan.

Machine learning pada fitur Google Hum yang digunakan oleh Google merupakan sebuah metode mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi pada lagu.

“Saat anda menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu,” jelas Google.

Dilansir dari HowtoGeek, begini cara menggunakan ‘Hum to Search’ Google di handphone kalian:

  1. Buka aplikasi Google (bukan Chrome) di iPhone, iPad, atau Android kalian
  2. Klik ikon ‘microphone’, atau kalian pada android kalian bisa menekan ikon tersebut pada widget Google yang ada di home screen HP kalian.
  3. Ketika fitur suara muncul, klik ‘Search a Song’
  4. Mulai bersenandung, bersiul atau dekatkan pada sumber suara yang sedang memutar sebuah lagu
  5. Tunggu Google mengidentifikasi lagu
  6. Jika hasilnya sudah muncul, Google akan memberikan persentase kemiripan
  7. Klik ‘More Results’ jika lagu yang dicari tidak ada di barisan teratas
  8. Jika Google tidak bisa mengidentifikasi suara atau melodi akan muncul ‘Unable to Find a Match’
  9. Kalian bisa mencobanya lagi dengan klik ‘Try Again’

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak selamanya bekerja dengan baik mengidentifikasi sebuah lagu. Semakin populer lagu tersebut, maka tingkat keberhasilan akan semakin tinggi.

Cara lainnya, mungkin kalian bisa menggunakan melodi yang identik atau bernyanyi pada bagian yang familiar, seperti reff atau semacamnya.

Fitur Google Hum juga bisa digunakan pada audio musik yang sedang diputar. Jadi, kalian tidak harus bersenandung dalam menggunakannya.

Fitur tersebut sama seperti fitur pada aplikasi Shazam, Soundhound, Musixmatch, dsb. Perbedaannya dengan menggunakan Google Hum ini, kalian tidak perlu mengunduh aplikasi tersebut.

Kalian hanya perlu memastikan di HP kalian sudah ada aplikasi Google (bukan Chrome) yang biasanya sudah ada pada bawaan HP Android. (rdr/dtk)

Exit mobile version