Samsung Galaxy Z Flip 3, “Si Cantik” yang Feminin dengan Spesifikasi Mumpuni

Samsung Galaxy Z Flip 3. (Foto Samsung)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Tak hanya Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3 turut menyita perhatian para pecinta gadget dunia. Sebab tampilannya bikin semuanya terpikat, ditambah harganya makin bikin jatuh hati.

Samsung memang membanderol handphone layar lipatnya ini makin bersahabat dengan kantong. Bila Galaxy Z Flip yang dirilis tahun lalu di lepas seharga Rp 20 jutaan, kini sang penerus dibanderol Rp 15 juta, selisih yang sangat lumayan.

Tapi apakah tampilan dan harga menjadikan HP foldable ini menarik untuk dimiliki? Berikut kesan pertama kami menggenggam Galaxy Z Flip 3.

Desain
Secara desain, Galaxy Z Flip 3 masih mengusung clamshell. Namun Samsung melakukan perubahan tampilan dari generasi pertama yang dirilis tahun lalu. Pinggiran bodinya yang tidak lagi melengkung. Raksasa teknologi Korea Selatan itu membuatnya jadi datar.

Tampilan tersebut makin menegaskan Galaxy Z Flip ini untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Ya harus diakui Galaxy Z Flip tampilannya lebih feminin. Menggenggamnya begitu nyaman di tangan, saat dibuka maupun ditutup. Itu berkat dimensinya yang lebih rampung meski secara bobot masih sama.

Seperti saudaranya Galaxy Z Fold 3, material dan sistem engsel Galaxy Z Flip 3 terasa begitu kokoh. Kami jadi tak takut-takut menutupnya dengan keras. Samsung masih menempatkan tombol sidik jari yang menyatu dengan tombol menemani tombol pengaturan volume di sisi kiri body.

Paling penting Galaxy Z Flip 3 sudah mengantongi sertifikat IPX8. Alhasil kita dapat menggunakan ponsel ini untuk membuat konten di kolam renang tanpa was-was rusak karena kemasukan air.

Tak kalah memikatnya Samsung menghadirkan pilihan warna yang kece. Ada hijau, lavender, hitam dan krem. Lalu ada beberapa warna eksklusif Samsung online, yakni abu-abu dan pink. Kian melengkapi daya tariknya diberikan ragam case yang kece-kece.

Layar
Selain dibuat tahan air, perubahan yang sangat penting diberikan Samsung pada layar bagian luar. Ukurannya sekarang 1,9 inch, sebelumnya 1,1 inch. Ukuran layar depan Galaxy Z Flip 3 cukup besar untuk menampilkan sejumlah widget. Kita dapat memeriksa pesan, menyetel alarm, bahkan selfie dengan kamera ultra-wide.

Sementara di bagian dalam Galaxy Z Flip 3 menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inch Full HD+ dengan adaptif refresh rate 120Hz. Dengan rasio aspek 22:9 asik untuk menonton video streaming.

Spesifikasi Mumpuni
Memadukan Snapdragon 888 dan RAM 8 GB rasanya tidak perlu meragukan kinerja yang bakal disuguhkan Galaxy Z Flip 3. Selama digunakan beberapa saat memang tidak terasa ada kendala, lancar dan smooth.

Tapi memang perlu dilakukan pengujian lagi agar melihat seberapa tangguh HP layar lipat ini. DetikINET akan mengulasnya lebih jauh pada artikel review nantinya.

Dua kamera yang ditempatkan di bagian belakang berukuran 12MP. Konon sensor yang digunakan memiliki piksel yang lebih besar daripada Galaxy Z Flip sudah seharusnya menghasilkan gambar lebih cerah dan berwarna. Sementara bagian dalam ada kamera 10MP.

Galaxy Z Flip 3 masih memasang baterai 3.300mAh. Samsung membekali dukungan pengisian cepat 25 pada perangkat ini.

Opini Awal
Dengan harga Rp 15 juta, semua orang bakal bisa merasakan teknologi baru yang bakal jadi tren ke depan. Dibandingkan smartphone konvensional, jelas Galaxy Z Flip 3 jauh lebih menarik dari segi pengalaman.

Saat HP ini dilipat bentuknya begitu compact, gampang dimasukkan dalam saku, bahkan tas kecil sekalipun. Saat Galaxy Z Flip 3 dibuka, ukurannya masih nyaman dioperasikan satu tangan. Berkat adanya Flex Mode membuat pengguna dapat melakukan banyak hal dengan mudah, mulai dari video call hingga membuat konten, tanpa perlu repot memasang tripod.

Paling utama ponsel ini sudah tahan air sehingga mengurangi kekhawatiran ketika menggunakannya. Pilihan warna yang diberikan Samsung begitu memikat dan bakal disukai anak muda, apalagi ditambah aksesori yang dibuat unyu-unyu. Tapi generasi 80-an dan 90-an niscaya menyukai Galaxy Z Flip 3 ini juga karena membawa nuasana nostalgia pada ponsel pertama mereka.

Melihat apa yang disuguhkan Samsung pada Galaxy Z Flip 3 memang bikin jatuh hati. Tapi untuk penilaian lengkapnya akan tersaji di artikel review selanjutnya. (*)

Sumber: detik.com
Exit mobile version