Mulai Dijual Resmi, Apple Hadirkan Empat Model iPhone 13

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Apple akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbaru, iPhone 13 Series dalam acara Apple Event pada Rabu (15/9). Adapun model dari lini ini adalah iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kehadiran empat model baru iPhone 13 Series membuat Apple melakukan perubahan kepada sejumlah lini produk iPhone lainnya. Langkah ini menjadi kabar baik dan buruk bagi Apple Fanboy.

Kabar buruknya, Apple memutuskan menghentikan produksi dari model iPhone XR, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Ketiga kini berstatus discontinued, tetapi masih bisa didapatkan di pasaran, tergantung ketersediaan stok.

Lanjut kabar baiknya, Apple menurunkan harga jual dari iPhone 11 dan iPhone 12. Dari pantauan kumparan di situs resmi Apple, mereka sudah mencantumkan harga baru dari kedua iPhone tersebut. Kemudian harga dari iPhone SE sendiri masih tetap, tak mengalami pemangkasan.

Berikut harga lengkapnya.

Harga iPhone SE 2020: Mulai 399 dolar AS (Rp5,6 jutaan)
Harga baru iPhone 11: Mulai 499 dolar AS (Rp7,1 jutaan)
Harga baru iPhone 12: Mulai 599 dolar AS (Rp8,5 jutaan)

Penurunan harga tersebut, sayangnya, baru berlaku di negara-negara yang sudah terdapat Apple Store. Sementara berdasarkan pantauan di situs iBox, mitra resmi Apple di Indonesia, harga semua perangkat masih sama saja.

Kemungkinan besar harga iPhone 11 dan iPhone 12 akan alami penurunan di Indonesia, jika iPhone 13 mulai dijual resmi. Kapan itu? Pihak Apple maupun iBox belum memberikan informasi soal waktu penjualan resmi iPhone 13, tapi berkaca dari peluncuran sebelumnya, iPhone baru biasanya mulai dijual setiap akhir tahun.

iPhone 13 sendiri diketahui membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan. Keempat smartphone tersebut memiliki desain yang baru meski terlihat sangat mirip dengan iPhone 12. Bagian notch kini diperkecil hingga 20 persen.

Dari segi kamera ada peningkatan, adanya fitur Cinematic Mode yang bisa bikin rekam video makin keren. Performa iPhone 13 didukung prosesor A15 Bionic yang lebih bertenaga 30 persen dari iPhone 12.

iPhone 13 sudah mendukung teknologi 5G di semua serinya. Pilihan storage kini khusus iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max sudah disediakan varian 1 TB. Sementara, di iPhone 13 dan iPhone 13 Mini dimulai dengan memori 128 GB. (*)

Sumber: kumparan
Exit mobile version