Dekranasda Dorong Warga Padang Dukung Produk UMKM, Begini Caranya

Kami dukung UMKM di Kota Padang dengan cara membeli dan memakai produk-produk lokal yang juga tak kalah bagusnya.

Ilustrasi UMKM. (Foto: Dok. Net)

Ilustrasi UMKM. (Foto: Dok. Net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang, Genny Putrinda terus berupaya mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Ibukota Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Hal tersebut disampaikannya usai meninjau sekaligus memberikan motivasi dan pembinaan bagi tiga UMKM yang ada di Kota Padang, Selasa (13/2/2024) siang.

Menurutnya, produk UMKM yang ada di Kota Padang banyak memiliki keunggulan dengan ciri khas tersendiri disertai ragam variasi yang sangat menjanjikan.

Dekranasda Kota Padang akan terus mendukung kemajuan UMKM yang ada di Kota Padang. Hari ini kami mengunjungi tiga UMKM, alhamdulillah semuanya sangat menjanjikan,” katanya.

Putri dari Senator DPD RI, Leonardy Harmainy itu mengatakan, pihaknya ingin memberikan dukungan dan pembinaan secara langsung bagi para pelaku UMKM di Kota Padang.

“Kami sangat berharap, produk pangan serta kerajinan yang ada di Kota Padang terus maju dan berkembang. Bisa meningkatkan daya saing produk hingga mencapai pangsa pasar yang lebih luas,” katanya.

“Kami dukung UMKM di Kota Padang dengan cara membeli dan memakai produk-produk lokal yang juga tak kalah bagusnya,” sambungnya.

Dalam kunjungan itu, Dekranasda Kota Padang dan jajaran pengurus menyambangi Rumah Produksi OK Cookies di Jalan Raya Ampang, nomor 39, Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji.

Usaha yang digeluti oleh Ramaita dan keluarga ini sudah mencapai pangsa pasar yang luas dengan bergerak di bidang makanan cemilan kemasan yang enak dan memiliki berbagai varian rasa.

Selanjutnya Dekranasda mengunjungi usaha produksi baju gamis, seragam dan mukena Maharrani yang berada di Jalan Dr M Hatta Koto Tingga, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji.

Bisnis yang dimanajeri oleh Elsa Maharrani ini menghasilkan baju gamis, dan seragam yang beraneka macam. Hingga saat ini sudah lebih 50 orang bekerja di UMKM yang didominasi warga sekitar di tempat usaha tersebut.

Kemudian kunjungan ketiga adalah UMKM Cel Creativity yang berada di kawasan Kampung Batu, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan ini membuat karya pajangan yang bernilai seni tinggi.

Karya seni yang paling banyak adalah menghasilkan pembuatan pajangan kapal-kapalan dan rumah adat Minangkabau. UMKM ini diinisiasi oleh Naicel sejak tahun 2020 atau empat tahun silam. (rdr)

Exit mobile version