Fakta, Gejala, dan Pengobatan Katarak yang Perlu Kamu Ketahui

katarak

ilustrasi (unsplash.com)

RADARSUMBAR.COMKatarak atau cataract merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang umum terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri juga banyak sekali orang yang menderita gangguan pada mata satu ini. Penyakit ini sendiri terjadi ketika lensa mata yang seharusnya jernih berubah menjadi keruh.

Hal tersebut bisa mengakibatkan penglihatan penderitanya menjadi kabur atau seolah berkabut. Selain itu, katarak juga bisa menyebabkan sensitivitas mata menjadi meningkat saat melihat cahaya di malam hari. Penyakit ini tentunya sangat mengganggu penglihatan karena menyebabkan kita sulit melihat dan beraktifitas.

Bahkan jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa juga menjadi salah satu penyebab kebutaan. Karena itulah semua orang tentunya harus waspada dengan penyakit satu ini dan tidak meremehkannya. Namun, beberapa orang mungkin belum terlalu paham dengan penyakit ini. Karena itu berikut kita bahas tentangnya.

Fakta, Gejala, dan Pengobatan Katarak

Banyak orang mungkin mengira bahwa cataract hanya terjadi pada orang berusia lanjut saja. Hal tersebut tidaklah benar, sebab penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik bayi maupun anak muda sekalipun. Penyebabnya bisa karena faktor genetik, cedera pada mata, efek samping penggunaan obat, atau karena faktor usia.

Fakta lain dari katarak yaitu bukanlah penyakit menular melainkan penyakit degeneratif. Artinya kondisinya akan berkembang seiring waktu karena proses penuaan atau faktor lainnya yang menyebabkan lensa keruh. Beberapa orang mungkin juga mengira bahwa bekerja menggunakan komputer bisa menyebabkan cataract.

Hal tersebut termasuk mitos karena tidak ada bukti ilmiah yang menghubungan antara penggunaan komputer dengan gangguan kesehatan mata ini. Penggunaan komputer yang berlebihan hanya akan menyebabkan sindrom mata kering dan ketegangan mata yang juga cukup mengganggu sehingga harus Anda hindari sebisa mungkin.

Gejala

Cataract tentunya juga akan menimbulkan gejala yang bisa Anda kenali. Misalnya yaitu penglihatan lama-lama menurun karena lensa mata yang semakin keruh. Kemudian mengalami penglihatan ganda atau double vision dan kesulitan mengenali warna. Penderita katarak akan melihat warna yang seharusnya cerah menjadi kusam.

Kemudian gejala lainnya yaitu sensitivitas mata terhadap cahaya seperti cahaya matahari atau lampu terang semakin meningkat. Sehingga ketika terpapar cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan rasa tidak nyaman atau menimbulkan rasa sakit. Cataract juga bisa memunculkan lingkaran cahaya saat melihat penderita sumber cahaya.

Gejala katarak lainnya yang cukup sering diabaikan oleh para penderitanya yaitu menyebabkan kesulitan melihat saat minim cahaya. Misalnya yaitu ketika malam hari dan berada di tempat yang redup dan kurang terang. Kondisi tersebut sering terasa saat penderitanya berkendara atau membaca saat malam hari dan minim cahaya.

Pengobatan

Pengobatan katarak yang paling umum dan aman dilakukan yaitu dengan operasi. Tingkat keberhasilan operasinya juga sangat tinggi dan risiko kebutaan karenanya sangat jarang terjadi.  Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi katarak dan memulihkan penglihatan mata KMN EyeCare bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

KMN EyeCare memiliki tim dokter mata yang berpengalaman dan terampil dalam diagnosis, pengobatan dan perawatan mata katarak. KMN EyeCare juga dilengkapi dengan teknologi terbaru dan modern untuk pemeriksaan mata. Sehingga memungkinkan deteksi cataract dengan lebih akurat dan memberikan perencanaan perawatan yang sesuai.

Dengan begitu maka pastinya KMN EyeCare bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengatasi katarak. Anda maupun keluarga pun pastinya tidak perlu meragukannya lagi.

Exit mobile version